Ini Tahapan Pendidikan Jurusan Kedokteran Gigi, Durasinya Berapa Lama?

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 11:42 WIB
Sebelum bisa praktik menjadi dokter gigi, mahasiswa kedokteran gigi harus melewati sejumlah tahapan pendidikan. Salah satunya pendidikan koas. Foto/Antara
JAKARTA - Ini tahapan pendidikaan Kedokteran Gigi .Jurusan Kedokteran adalah salah satu prodi yang setiap tahunnya tidak pernah sepi peminat. Padahal, Jurusan Kedokteran ini terkenal mahal, sangat sulit untuk ditembus, juga membutuhkan waktu pendidikan yang cukup panjang.

Namun ternyata hal tersebut tidak mematikan tekad para calon mahasiswa kedokteran untuk bisa mewujudkan cita-citanya sebagai dokter. Dirangkum dari berbagai sumber, ini tahapan panjang pendidikan Jurusan Kedokteran Gigi di Indonesia.

Tahapan Pendidikan Kedokteran Gigi

Seperti kuliah kedokteran pada umumnya, banyak tahap yang perlu dilalui oleh mahasiswa Jurusan Kedokteran gigi untuk bisa menyelesaikan pendidikannya. Apalagi jika kamu ingin praktik menjadi seorang dokter gigi, tahap-tahap berikut ini wajib kamu tempuh.

1. Sarjana



Menyelesaikan jenjang pendidikan sarjana hingga meraih gelar Sarjana Kedokteran Gigi (S.Kg) menjadi tahap pertama yang wajib kamu lewati. Mahasiswa Kedokteran Gigi menyebut jenjang Sarjana (S1) sebagai masa preklinik dan biasanya selesai dalam waktu kurang lebih 4 tahun.

2. Co-ass



Setelah lulus dan berhasil menyandang gelar S.Kg, mahasiswa Kedokteran Gigi pun diwajibkan untuk mengikuti program profesi kedokteran gigi yang disebut kepaniteraan atau koasistensi (co-ass). Selama masa co-ass, mahasiswa akan turun secara langsung ke lapangan dan menjalankan praktik di rumah sakit atau klinik gigi.



Pada tahap ini, kamu juga akan menempuh serangkaian ujian, baik itu ujian dari departemen terkait, fakultas, maupun ujian nasional. Jika kamu bisa menyelesaikan ujian tersebut dengan baik, maka kamu secara resmi dapat menyandang gelar dokter gigi umum (drg).

Masa co-ass ini wajib ditempuh selama 1,5-2 tahun. Tapi, kamu perlu kamu ketahui juga kalau hanya Fakultas Kedokteran Gigi terakreditasi A saja yang memiliki program profesi
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More