Kenapa Manajemen Waktu saat Kuliah di Luar Negeri Penting? Begini Penjelasannya

Selasa, 22 Agustus 2023 - 11:28 WIB
Menyelesaikan studi dengan tepat waktu jadi cita-cita banyak mahasiswa yang kuliah di luar negeri. Salah satu caranya adalah perlunya manajemen waktu yang baik. Foto/Ist
JAKARTA - Menyelesaikan studi dengan tepat waktu jadi cita-cita banyak mahasiswa yang kuliah di luar negeri. Lalu bagaimana caranya agar hal itu terwujud? Salah satu rahasianya adalahmanajemen waktu.

Manajemen waktuadalah kemampuan untuk menggunakan waktumu secara produktif dan efisien. Kamu bisa menganggapnya sebagai seni memiliki waktu untuk melakukan semua yang kamu butuhkan, tanpa merasa tertekan karenanya.

Kedengarannya simple, kan? Tapi nyatanya praktiknya jauh lebih sulit. Demikian halnya terkait studi tepat waktu universitas di luar negeri. Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan membahas pentingnya manaemen waktu saat studi di luar negeri.

TipsManajemen Waktusaat Kuliah di Luar Negeri

1. Tentukan dan Prioritaskan Tugas



Sebelum menyisihkan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan, kamu harus mempersempit apa yang perlu kamu selesaikan dan mengaturnya sesuai urutan kepentingannya. Buat daftar periksa semua yang perlu diselesaikan, seperti tugas, proyek, kelompok belajar, dan lainnya kemudian tambahkan tenggat waktunya.

2. Hadiahi Diri Sendiri



Menelusuri daftar tugas bukanlah hal yang mudah. Mengatur waktu secara efektif adalah kebiasaan yang perlu dipupuk, dan reward dapat memperkuat kebiasaan ini. Untuk itu, setiap kali kamu berhasil menyelesaikan tugas, rayakan kemenangan, besar atau kecil.

3. Realistis & Fleksibel



Sebagai siswa, kamu nggak bisa mendedikasikan 24 jam untuk belajar; kamu perlu menyelesaikan hal-hal lain. Ada kelas, ekstrakurikuler, tidur, hingga jalan-jalan sama teman. Namun, perlu diingat bahwa tugas sering memakan waktu lebih lama dari yang kamu harapkan, jadi alokasikan lebih banyak waktu jika kamu akhirnya menghabiskan lebih banyak waktu daripada yang kamu kira untuk suatu pekerjaan.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More