12 Univesritas dengan Jurusan Bioteknologi Terbaik di Indonesia, Ini Daftar Kampusnya

Rabu, 23 Agustus 2023 - 10:11 WIB
Bioteknologi merupakan multi-disiplin ilmu atau gabungan dari beberapa ilmu seperti biologi, kimia, dan teknologi. Salah satu kampus yang membuka jurusan Bioteknologi adalah UGM. Foto/Ist
JAKARTA - Ini daftar kampus dengan jurusan Bioteknologi terbaik di Indonesia. Jurusan Bioteknologi akhir-akhir ini cukup menjadi perbincangan di dunia pendidikan tanah air. Jurusan Bioteknologi yang berhubungan dengan ilmu biologi ini berhasil menyerap banyak peminatnya dalam penerimaan mahasiwa baru di sejumlah kampus.

Bioteknologi memang tengah berkembang pesat terutama di negara-negara maju, begitu juga di negara berkembang seperti di Indonesia. Bila kamu berminat untuk mengambil jurusan ini di jenjang perguruan tinggi, kamu bisa cek 12 kampus favorit di Indonesia yang memiliki jurusan Bioteknologi yang akan diulas artikel kali ini.

12 Kampus Terbaik Jurusan Bioteknologi di Indonesia

1. Universitas Gajah Mada



Hingga kini, UGM menduduki peringkat 391 Diseluruh dunia menurut data dari topuniversities.com. Di berbagai posisi penting baik itu pemerintahan, perusahaan multinasional, bisnis mandiri, dll banyak diisi oleh alumni-alumni dari UGM. Bahkan Presiden RI yang sekarang sedang menjabat, Bapak Ir. H. Joko Widodo adalah seorang alumni UGM. UGM sendiri memiliki jurusan Bioteknologi untuk Program Sarjana dan Program Pascasarjana.

2. Universitas Surabaya (UNESA)



Hingga saat ini Universitas Negeri Surabaya pun telah menunjukkan prestasinya sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia. Buktinya, perguruan tinggi negeri yang satu ini berhasil masuk dalam jajaran 50 Besar Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia dan menduduki peringkat ke-38 dari 163 perguruan tinggi yang terakreditasi.

Di antara banyaknya jurusan yang ditawarkan di UNESA, kamu bisa menemukan jurusan Bioteknologi untuk Program Sarjana yang sudah terakreditasi dari BAN-PT.

3. Institut Pertanian Bogor (IPB University)



Konsistensi di bidang pertanian dan energi terbarukan membuat Institut Pertanian Bogor (IPB) masuk jajaran perguruan tinggi di bidang Bioteknologi Indonesia. Di IPB, sektor yang dibahas lebih mengarah ke pertanian dibanding lainnya. Jika kamu ingin memilih IPB sebagai kampus tujuan, kamu bisa menemukan jurusan Bioteknologi dengan nama Agronomi dan Hortikultura. Di mana jurusan ini lebih memfokuskan mahasiswanya untuk mempelajari bioteknologi tanaman.

4. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Selain IPB, ternyata ITB juga menjadi tandem yang kuat untuk pendidikan di sektor Bioteknologi Jawa Barat. Mahasiswa jurusan ini tak hanya dari Bandung dan sekitarnya, tapi juga dari kalangan yang lebih luas. Jika IPB lebih fokus pada bioteknologi tanaman, maka ITB lebih fokus pada bioteknologi terhadap inovasi teknologi itu sendiri.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More