14 Universitas dengan Jurusan Teknik Kimia Favorit, Ada Kampus Incaranmu?

Rabu, 23 Agustus 2023 - 15:02 WIB
Salah satu kampus yang memiliki jurusan Teknik Kimia favorit adalah ITB. Jurusan Teknik Kimia ITB sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Foto/Ist
JAKARTA - Ini deretan universitas dengan jurusan Teknik Kimia populer di Indonesia. Kamu bercita-cita menjadi ahli kimia yang mumpuni? Jurusan Teknik Kimia merupakan cabang ilmu multidisiplin yang mengkombinasikan ilmu alam dan eksperimen kimia dan fisika, bersamaan dengan biologi, matematika, ekonomi, sampai desain

Dalam penerapannya, teknik kimia banyak digunakan untuk perancangan pabrik. Biasanya pabrik kimia, bioproses, pangan, dan sejenisnya.Dirangkum dari berbagai sumber, ini daftar 14 kampus dengan jurusan Teknik Kimia terbaik di Indonesia.

Daftar 14 Universitas dengan Jurusan Teknik Kimia Populer di Indonesia

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)



Jurusan Teknik Kimia ITB adalah bagian dari FTI (Fakultas Teknologi Industri) dan sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Tahun 2003, jurusan Teknik Kimia ITB telah membuka jalur studi baru. Hal ini menjadikan jurusan Teknik Kimia kini terdiri atas tiga jalur studi baru.

Ketiga jalur studi tersebut di antaranya adalah TKU (Teknologi Kimia Umum), BP (Bioproses), dan TP (Teknologi Pangan). Program Studi Teknik Kimia memerlukan kemampuan dasar berupa pengetahuan Fisika, Kimia, Matematika dan Biologi (yang ini khusus untuk jalur studi bioproses dan teknologi pangan).

2. Universitas Indonesia (UI)



Jurusan Teknik Kimia UI adalah bagian dari fakultas teknik Universitas Indonesia. Teknik Kimia UI telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT dan akreditasi ASEAN University Network (AUN) 2010.

Untuk Program Studi Sarjananya, Teknik Kimia UI juga menyelenggarakan program fast track. Bagi para mahasiswa yang telah memenuhi syarat dimungkinkan dapat menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 dalam waktu 5 tahun saja. Sehingga bisa dibilang jauh lebih singkat dibandingkan dengan masa studi kurikulum reguler.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)



Teknik Kimia UGM sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Selain itu, jurusan Teknik Kimia UGM juga sudah berhasil mendapatkan akreditasi dari Institution of Chemical Engineers (IChemE).Tokoh berpengaruh lulusan Teknik kimia UGM adalah Prof. Panut Mulyono yang telah menjabat sebagai Rektor UGM.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More