5 Universitas dengan Jurusan Teknik Kimia Terbaik di Indonesia

Kamis, 16 Juni 2022 - 13:08 WIB
loading...
5 Universitas dengan Jurusan Teknik Kimia Terbaik di Indonesia
5 Universitas dengan jurusan Teknik Kimia Terbaik di Indonesia. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan Teknik Kimia terbaik di Indonesia bisa menjadi pilihan calon mahasiswa baru yang masih bingung menentukan jurusan kuliah. Bagi yang ingin masuk PTN , lima universitas yang menyediakan jurusan Teknik Kimia ini bisa menjadi rekomendasi.

Jurusan yang biasanya menjadi pilihan anak IPA ini merupakan cabang ilmu multidisiplin yang mengombinasikan ilmu alam dan eksperimen kimia dan fisika, bersamaan dengan biologi, matematika, ekonomi, sampai desain.

Dalam penerapannya, teknik kimia banyak digunakan untuk perancangan pabrik. Biasanya pabrik kimia, bioproses, pangan, dan sejenisnya. Perancangan ini juga termasuk pemeliharaan proses-proses kimia sehingga lulusan Teknik Kimia sangat dibutuhkan agar kerja pabrik lebih cepat dan efisien.

Saat ini, kebutuhan dunia akan industri akan terus meningkat, sehingga kemampuan seorang sarjana Teknik Kimia untuk menangani masalah industri sangatlah luas. Adanya isu industrialisasi yang bersih membuat tantangan baru bagi seorang sarjana Teknik Kimia.

Akan tetapi hal itu justru makin memperluas cakupan bidang Teknik Kimia karena pada program studi Teknik Kimia juga dipelajari materi tentang mewujudkan pembangunan berkelanjutan (sustainable development).

Baca: 10 Universitas dengan Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia versi THE WUR 2022

Laman ITB menyebutkan, alumnus Teknik Kimia memiliki prospek kerja yang cukup luas, seperti:

1. Bekerja di industri proses kimia (misal industri pupuk, pengolahan minyak bumi, kertas, polimer, gas, logam, makanan, obat-obatan, dan lainnya)

2. Pabrik Pengelolaan Proses Kimia
Jasa Rekayasa (Perancangan proses kimia, pengadaan peralatan pabrik, pengadaan bahan konstruksi, pembangunan pabrik kimia)
3. Instansi Pemerintah
4. Instansi Pendidikan
5. Instansi / lembaga penelitian
6. Bank
7. Wirausaha

Bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) dengan mengambil jurusan Teknik Kimia, berikut ini lima PTN dengan jurusan Teknik Kimia yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)