Perbedaan Jurusan Kedokteran dan Pendidikan Dokter, Begini Ulasannya

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 08:48 WIB
Terdengar mirip, namun antara Kedokteran dan Pendidikan Dokter banyak berbeda, salah satunya di bidang lingkup. Jika pendidikan Dokter lingkupnya kecil, Kedokteran ruang lingkungnya lebih luas. Foto/Ist
JAKARTA - Ini perbedaan Kedokteran dan Pendidikan Dokter. Menjadi dokter adalah salah satu profesi yang banyak diminati, namun tidak mudah untuk mencapainya karena harus menjalani pendidikan dokter dan kedokteran. Terdengar mirip, namun antara Kedokteran dan Pendidikan Dokter banyak berbeda.

Menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran masih menjadi impian banyak orang. Jalan untuk menjadi dokter tidaklah mudah. Harus ada beberapa jalan yang harus ditempuh, yakni Pendidikan Dokter dan Kedokteran. Terdengar mirip, namun berbeda. Apa perbedaan pendidikan dokter dan kedokteran? Artikel kali ini akan membahas perbedaannya di sini.

Perbedaan Pendidikan Dokter dan Kedokteran

1. Perbedaan dari segi pengertian



Pendidikan Dokter merupakan cabang ilmu yang bersifat kompleks. Bila kamu masuk ke Pendidikan Kedokteran, kamu diharuskan untuk mempelajari ilmu kesehatan tubuh manusia secara menyeluruh.

Bisa dibilang, Pendidikan Dokter akan memberikan kamu pembelajaran dari segi teori.Berbeda dengan Pendidikan Kedokteran, Kedokteran merupakan bidang ilmu dan seni yang membicarakan tentang penyakit dan cara penyembuhannya. Lingkup kedokteran sangatlah luas dan tidak terpaku di program pembelajaran.

2. Dari segi yang mempelajari



Program Pendidikan Dokter dikhususkan bagi mahasiswa yang ingin menjadi dokter, Setelah kamu lulus dari Pendidikan Dokter, kamu bisa mengambil Kedokteran. Bidang ini sangat luas, dibandingkan dengan Pendidikan Dokter yang hanya berkutat pada teori saja, Kedokteran jauh lebih kompleks.

3. Lingkup bidang



Pendidikan Dokter memiliki lingkup yang jauh lebih kecil karena hanya hanya berfokus pada proses mendidik calon tenaga dokter. Bidang Kedokteran memiliki lingkup profesional. Tak hanya terbatas pada teori dan belajar, bidang ini sudah masuk ke proses penanganan langsung pada pasien.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More