Brainstorming, Solusi untuk Mahasiswa yang Alami Kebuntuan Gagasan Saat Kuliah

Selasa, 29 Agustus 2023 - 13:07 WIB
Dalam mengatasi suatu masalah antara lain sedang buntu ide, tsalah satu eknik yang bisa diterapkan adalah teknik brainstorming.Foto/Ist
JAKARTA - Kamu para mahasiswa sering mengalami masalah terkait ide baik itu kehabisan ide atau gagasan dalam kuliah ataupun berorganisasi? Jika iya, metode brainstorming bisa jadi solusi.

Dalam mengatasi suatu masalah , ada banyak teknik bisa diterapkan dan salah satunya adalah teknik brainstorming. Dalam bahasa Indonesia teknik brain storming dikenal dengan istilah curah pendapat.Artikel kali ini akan mengulas seluk beluk brainstrorming dan seperti apa prosesnya?

Apa yang Dimaksud Tahap Brainstorming?

Brainstorming (curah pendapat) adalah metode pengumpulan gagasan atau ide-ide kreatif untuk mendapatkan sebuah solusi dari suatu masalah. Sehingga suatu masalah dibahas sekelompok orang untuk dicari solusinya bersama-sama.



Teknik pemecahan masalah satu ini dikenal sangat efektif sekaligus mendorong adanya kreativitas setiap orang dalam suatu kelompok. Adanya gagasan solusi masalah dari beberapa orang di dalam teknik ini, diharapkan bisa menemukan solusi terbaik.

Solusi dikatakan terbaik ketika mampu mengatasi masalah secara efektif dan memiliki dampak atau resiko yang paling minimal. Namun, untuk menerapkannya dibutuhkan perencanaan yang tepat agar seluruh anggota kelompok fokus pada satu masalah yang sama.

Berbagai Metode Brainstorming

Penerapan teknik curah pendapat kemudian hadir dalam beberapa bentuk atau metode. Sehingga teknik ini tidak hanya dilakukan dengan satu metode saja, melainkan ada banyak. Sehingga bisa disesuaikan dengan karakter masalah maupun para anggota.

Berikut adalah 3 jenis metode dalam brainstorming yang bisa digunakan untuk memecahkan masalah bersama-sama:

a. Team Idea Mapping



Metode curah pendapat yang pertama adalah team idea mapping atau pemetaan ide dari anggota kelompok. Metode ini dimulai dengan membentuk kelompok, menunjuk pemimpin, kemudian menjelaskan topik, dan semua memikirkan ide sebagai solusi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More