Contoh Resume Tugas Kuliah serta Cara Membuatnya yang Benar, Berikut Strateginya

Senin, 04 September 2023 - 10:19 WIB
Salah satu tugas kuliah dari dosen yang biasanya diberikan kepada mahasiswa adalah me-resume. Salah satu tips agar hasil resume bagus adalah terlebih dulu membaca naskah asli meteri dari dosen sebelum membuat resume. Foto/Ist
JAKARTA - Ini contoh-contoh resume tugas kuliah serta tips cara membuatnya yang benar. Kuliah merupakan waktu yang tepat untuk belajar mengenai banyak hal, baik saat di dalam maupun di luar kelas.

Namun, untuk keperluan akademik sendiri, membaca materi dan mengerjakan tugas menjadi bagian dari rutinitas yang dilaksanakan sehari-hari.Salah satu tugas kuliah yang sering diberikan dosen kepada mahasiswa adalah resume materi yang sudah diberikan dosen. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini contoh-contoh resume tugas kuliah dan tips bagaimana cara membuatnya

Tips Cara Menulis Resume Tugas Kuliah



Bagi seorang mahasiswa, resume merupakan tugas utama yang bisa ditemui kapan saja. Bahkan tidak jarang ada banyak mata kuliah yang membutuhkan kamu untuk melakukan resume dari bacaan tertentu. Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa saja cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat resume.

1. Membaca dan Memahami Isi Naskah Asli



Cara pertama yang penting dilakukan yaitu kamu harus membaca naskah atau sumber bacaan terlebih dahulu.Lakukan hal ini sampai selesai dan jika perlu, ulangi lagi dari awal agar kamu semakin dalam memahami isinya. Saat kamu sudah benar-benar paham isi naskahnya, maka resume bisa menjadi lebih mudah untuk ditulis.

2. Menentukan dan Mencatat Gagasan Utama



Cara kedua yaitu kamu perlu untuk menentukan serta mencatat gagasan utama atau pokok apa saja yang ditemui di dalam naskah bacaan. Gagasan utama merupakan pikiran utama yang dimiliki oleh sebuah teks bacaan. Agar kamu bisa menemukan gagasan utama tersebut, maka perlu memahami isi dari naskah bacaan yang sedang dikerjakan.



3. Menuliskan Resume

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More