Sederet Kampus di Indonesia yang Pernah Mengubah Nama

Rabu, 13 September 2023 - 07:03 WIB
Perubahan nama kampus biasanya didasari alasan tertentu, salah satunya adalah karena terjadinya perubahan status. Foto/IPB University.
JAKARTA - Sejumlah kampus di Indonesia pernah mengalami perubahan nama. Perubahan nama perguruan tinggi ini biasanya didasari alasan tertentu, salah satunya adalah karena terjadinya perubahan status.

Hal ini seperti yang terjadi pada IKIP yang berubah menjadi universitas negeri, misalnya IKIP Jakarta menjadi Universitas Negeri Jakarta.

Selain itu, perubahan nama juga dilakukan sebagai “rebranding” guna memperkuat identitas kampus di tengah persaingan ketat dan perkembangan zaman.

Berikut deretan kampus di Indonesia yang pernah mengubah nama.

Baca juga: PTN di Surabaya Ini Jadi Kampus Unggulan Iptek Bidang Olahraga, Satu-satunya di Indonesia

5 Kampus di Indonesia yang Pernah Mengubah Nama

1. IPB University



Berdasarkan hasil kajian dan keputusan Majelis Wali Amanat pada 2019, nama Institut Pertanian Bogor (IPB) diubah atau di-rebranding. IPB mengubah namanya menjadi IPB University. Hal ini dilakukan lantaran dari waktu ke waktu IPB kian berkembang dan program studi yang ditawarkan pun semakin banyak.

Mengutip laman resmi IPB, nama IPB University akan membangun asosiasi yang lebih luas dan bersifat modern, serta menjanjikan nilai yang lebih tinggi. Selain itu, rebranding ini akan menciptakan keseragaman penulisan dalam jurnal internasional. Selama ini, penulisan nama IPB berbeda-beda, mulai dari Bogor Agricultural Institute, Bogor Agricultural University, hingga Institut Pertanian Bogor.

2. Universitas Sebelas Maret



Universitas Sebelas Maret atau disingkat UNS merupakan nama dan singkatan resmi bagi kampus yang berlokasi di Solo tersebut. Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 55 Tahun 1982. Sebelumnya, kampus ini bernama Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret, yang didirikan pada 11 Maret 1976.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More