PTN di Surabaya Ini Jadi Kampus Unggulan Iptek Bidang Olahraga, Satu-satunya di Indonesia

Selasa, 12 September 2023 - 14:59 WIB
loading...
PTN di Surabaya Ini Jadi Kampus Unggulan Iptek Bidang Olahraga, Satu-satunya di Indonesia
Unesa dinobarkan menjadi kampus yang memiliki Pusat Unggulan Iptek (PUI) bidang olahraga, Sport and Exercise Research Center (SERC). Foto/Unesa.
A A A
JAKARTA - Setelah bersaing dengan berbagai perguruan tinggi lain di Indonesia, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dinobatkan oleh Kemendikbudristek menjadi kampus yang memiliki Pusat Unggulan Iptek (PUI) bidang olahraga, Sport and Exercise Research Center (SERC). Unesa berhasil menyisihkan 91 usulan PUI lainnya.

Sekretaris Direktorat PUI Keolahragaan Unesa Donny Ardy Kusuma menjelaskan, fokus tugas dari PUI SERC adalah pada orientasi produk, atau yang dikenal dengan istilah PUI-PTOP.

"Produk keolahragaan yang dihasilkan harus bisa berjalan mengalir dari hulu ke hilir dengan baik, sampai ke tingkat komersialisasi," katanya, dikutip dari laman Unesa, Selasa (12/9/2023).

Melihat perjalanan ke belakang, dia menjelaskan, PTN yang dipimpin oleh Rektor Prof Dr Nurhasan ini memiliki tiga keunggulan, yakni di bidang disabilitas, seni, dan tidak ketinggalan di bidang olahraga.

Baca juga: Riwayat Pendidikan Menteri Basuki yang Masuk Radar Cawapres Alternatif Ganjar, Alumni UGM Juga!

Dari masing-masing bidang unggulan di Unesa tersebut pun lalu dituangkan ke dalam suatu manajemen yang diinisiasi oleh rektor dengan membentuk sebuah direktorat.

"Dari ketiganya, diharapkan mampu menghasilkan produk inovatif yang mampu membawa kebaikan bagi masyarakat," tukasnya.

PUI SERC berkomitmen menghasilkan produk-produk inovatif dengan nilai jual yang mampu memberikan dampak bagi masyarakat. Dia menyebut, ada sepuluh program yang tengah direalisasikan.

Tiga di antaranya yaitu program untuk meningkatkan SDM, meningkatkan iklim akademik, dan program untuk komersialisasi dan hilirisasi produk. Karena orientasinya adalah produk, maka skema pada aspek komersialisasi produk akan dibesarkan.

Dengan didapatkannya rekognisi PUI SERC, secara resmi kampus bertagline 'Satu Langkah di Depan' ini menegaskan keunggulannya terutama di bidang keolahragaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)