10 Negara dengan Biaya Kuliah Murah, Cocok untuk Kantong Pas-pasan

Rabu, 13 September 2023 - 10:06 WIB
Pintu gerbang Universitas Nasional Taiwan di Kota Taipe. Taiwan menjadi salah satu negara dengan biaya kuliah untuk siswa internasional murah dibanding negera-negara lain. Foto/Ist
JAKARTA - Ini daftar negara dengan biaya kuliah murah di dunia. Melanjutkan studi ke luar negeri menjadi cita-cita banyak orang di Indonesia. Bukan mengecilkan kualitas pendidikan dalam negeri, namun masih tertanam di budaya kita bahwa lulusan luar negeri dinilai memiliki status sosial tinggi.

Hanya saja biasanya studi di luar negeri tidaklah murah. Salah satu solusinya adalah dengan pembiayaan melalui beasiswa. Selain beasiswa sebenarnya, ada banyak negara yang dikenal memiliki biaya kuliah di perguruan tinggi terjangkau alias murah. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 10 negara dengan biaya biaya pendidikan tinggi murah.

10 Negara dengan Biaya Kuliah Paling Murah

1. Norwegia



Meskipun hampir semua negara Nordik terkenal sebagai tujuan studi yang relatif terjangkau secara biaya, Norwegia secara khusus adalah pilihan terbaik. Kenapa? Soalnya biaya pendidikan untuk semua orang di sini adalah gratis!

Bukan hanya menawarkan universitas paling termurah, universitas negeri di Norwegia tak memungut biaya dengan pengecualian beberapa program studi tertentu. Alasan lain untuk belajar di Norwegia adalah ketersediaan program studi yang diajarkan bahasa Inggris di semua tingkat studi, ditambah sejumlah besar penduduk setempat yang mahir berbahasa Inggris. Sayangnya, Norwegia tidak menawarkan biaya hidup yang sangat murah. Kamu memerlukan sekitar USD17.200 per tahun untuk hidup di negara ini..

2. Taiwan



Taiwan adalah salah satu negara yang menawarkan biaya kuliah paling termurah. Contohnya aja di salah satu universitas terbaik mereka, National Taiwan University, biaya kuliah untuk sarjana mulai dari USD 3.300-4.000 per tahun. Talk about cheap, right?



Selain adanya opsi universitas dengan harga sangat murah, Taiwan juga merupakan tujuan populer untuk belajar bahasa Mandarin. Nggak hanya itu, Taiwan pun menawarkan kualitas hidup yang baik dengan biaya hidup paling murah. Anggaran untuk akomodasi di Taiwan hanya sebesar USD2.900 per tahun.

3. Jerman

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More