Kurikulum Pendidikan Indonesia dari Masa ke Masa, Zaman Mana yang Terbaik?

Rabu, 13 September 2023 - 14:17 WIB
Diluncurkan sejak 2022, Kurikulum Merdeka memiliki beberapa kelebihan, antara lain mendorong siswa lebih aktif, kreatif, dan inovatif dalam belajar. Foto/Dok Sindonews
JAKARTA - Ini perjalanan kurikulum pendidikan Indonesia dari masa ke masa. Dunia pendidikan Indonesia tercatat mengalami beberapa kali perubahan kurikulum pendidikan setelah kemerdekaan hingga berupa Kurikulum Merdeka saat ini.

Ada banyak faktor yang membuat terjadinya perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia mulai dari sistem politik, sosial budaya, ekonomi, hingga perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Proses penyempurnaan kurikulum itu diklaim untuk membuat dunia pendidikan nasional selangkah lebih maju dan bisa mengejar pendidikan negara lain. Bagaimana proses perubahan kurikulum pendidikan di Indonesia? Berikut perjalanan kurikulum pendidikan nasional dari masa ke masa yang dirangkum dari berbagai sumber.

Perjalanan Kurikulum Pendidikan Indonesia dari Masa ke Masa

1. Kurikulum 1947



Kurikulum ini menjadi yang pertama sejak Indonesia merdeka, perubahan arah pendidikan lebih bersifat politis sebab saat itu adalah masa di mana penjajah masih berada di NKRI. Dikenal dengan istilah rencana pelajaran 1947, kurikulum ini menekankan pada pembentukan karakter manusia Indonesia yang merdeka, berdaulat, dan sejajar dengan bangsa lain.

2. Kurikulum 1952



Kurikulum ini merupakan penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya dengan merinci setiap pelajaran sehingga dinamakan rencana pelajaran terurai 1952.

3. Kurikulum 1964



Istilah kurikulum ini adalah ‘rencana pendidikan 1964 ‘, pemerintah menginginkan agar rakyat mendapatkan pengetahuan akademik untuk pembekalan pada jenjang SD. Pembelajaran dipusatkan pada program pancawardhana yaitu pembangunan moral, kecerdasan emosional, dan artistik.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More