Memprihatinkan, PB IDI: Sudah 72 Dokter Meninggal Akibat Covid-19

Sabtu, 01 Agustus 2020 - 22:06 WIB
Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menyebut sudah 72 dokter meninggal dunia akibat Covid-19. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) kembali mengumumkan seorang anggotanya meninggal dunia. Seorang dokter anggota IDI cabang Medan, Sumatera Utara, dr Andhika Kesuma Putra meninggal dunia dengan status terkonfirmasi positif Virus Corona (Covid-19).

Pejabat Humas PB IDI Abdul Halik Malik mengatakan, dokter Andhika meninggal dunia pada hari ini, Sabtu (1/8/2020) di Rumah Sakit Columbia Asia Medan. Dokter Andhika, kata Halik, meninggal sekiranya pukul 11:00 WIB. "Beliau meninggal setelah berjuang melawan Covid-19. Meninggal tadi pagi jam 11.00 WIB, betul positif Covid-19," kata Halik, Sabtu (1/8/2020). (Baca juga: PB IDI Kembali Berduka, Dokter Spesialis Paru Meninggal Dunia Akibat Covid-19)

Dengal meninggalnya dokter Andhika, PB IDI mencatat sudah sebanyak 72 dokter yang meninggal dunia karena virus yang berasal dari Wuhan, Cina ini. Total 72 dokter tersebut merupakan pencatatan terbaru pada hari ini. "Merujuk ke catatan IDI, Sabtu (1/8/2020) sudah ada 72 dokter yang dilaporkan meninggal karena positif Covid-19 dan PDP Covid-19," katanya. (Baca juga: PB IDI Sarankan Intervensi Penanganan Corona Harus Agresif)

Tak lupa Halik mengimbau kepada masyarakat untuk mencegah penularan Covid-19. Menurutnya, pencegahan Covid-19 bisa dilakukan dengan menerapkan dengan ketat protokol kesehatan. "Mari bersama-sama cegah penularan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan," tuturnya.

Berikut adalah daftar lengkap ke-72 dokter yang telah gugur:

1. Prof Dr dr Iwan Dwi Prahasto (Guru Besar FK UGM).

2. Prof Dr dr Bambang Sutrisna (Guru Besar FKM UI).

3. dr Bartholomeus Bayu Satrio (IDI Jakarta Barat).

4. dr Exsenveny Lalopua, M.Kes (Dinkes Kota Bandung).

5. dr Hadio Ali K, Sp.S (Perdossi DKI Jakarta, IDI Jakarta Selatan).
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More