10 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusan Bahasa dan Sastra Inggris, Ada yang Digaji Ratusan Juta

Sabtu, 23 September 2023 - 14:30 WIB
Salah satu peluang kerja lulusan Bahasa Inggris dan Sastra Inggris adalah menjadi penulis yang konon gajinya bisa sampai ratusan juta. Foto/Ist
JAKARTA - Ini 10 prospek kerja menjanjikan lulusan jurusan Bahasa Inggris dan sastra Inggris. Kamu terdaftar sebagai mahasiswa jurusan bahasa Inggris dan sastra Inggris atau berminat kuliah di kedua jurusan? Saat ini Bahasa Inggris tercatat sebagai bahasa internasional dan menjadi bahasa yang paling sering dipakai.

Bahasa Inggris juga sering dipakai sebagai bahasa untuk berbisnis dan berdagang antar negara. Hal ini membuat kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk berbagai jenis pekerjaan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 prospek kerja lulusan menjanjikan jurusan Bahasa Inggris.

10 Prospek Kerja Lulusan Bahasa dan Sastra Inggris

1. Pengajar



Menjadi lulusan bahasa asing, tentu kamu bisa menjadi pengajar bahasa asing baik menjadi seorang guru, dosen, maupun instruktur kursus, UBLizen. Bukan hanya mengajar bahasa asing untuk orang Indonesia, tetapi kamu juga bisa menjadi seorang pengajar bahasa Indonesia untuk para penutur asing yang sedang mendalami bahasa Indonesia. Multifungsi, kan?

2. Editor / Penyunting Bahasa



Kian berkembangnya industri media cetak dan digital, kebutuhan akan penulis dan editor juga kian bertambah setiap waktu. Terlebih lagi, banyak sekali naskah terjemahan dari penulis mancanegara yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Maka lulusan bahasa dan sastra asing sangat memiliki tempat untuk mengisi pekerjaan ini.

3. Penulis



Sering bermain dengan kata-kata, lulusan sastra atau bahasa asing pun bisa banget jadi penulis! Penulis terlibat aktif dalam menciptakan dan mengembangkan karya fiksi dan non-fiksi. Selain itu, media baru juga banyak membuka kesempatan untuk para penulis di berbagai macam bidang, seperti copywritermaupun content writer, UBLizen.

Tidak usah diragukan gajinya, menjadi freelance writer saja kamu akan mendapatkan gaji rata-rata Rp365 ribu per jam, atau sekitar Rp8 juta per hari, dan jika dihitung perbulan, kamu akan mendapat gaji sekitar Rp271 juta per bulan.

4.Pustakawan Akademik

Untuk kamu yang begitu mencintai buku atau dunia akademik lainnya, profesi ini sangat cocok untukmu. Pustakawan akademik bertanggung jawab dalam pelajaran akademis dengan cara mengembangkan pengetahuan khusus seperti dalam pengembangan sistem TIK di berbagai macam proyek perpustakaan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More