10 Contoh Teks Berita dengan Unsur 5W + 1H Berbagai Tema

Minggu, 24 September 2023 - 12:40 WIB
10 contoh teks berita dengan unsur 5W+1H dengan berbagai tema. Foto/SINDOnews.
JAKARTA - Contoh teks berita dengan unsur 5W + 1H sangat penting diketahui para pelajar untuk membantu dalam pembuatan teks berita yang akurat dan faktual. Teks berita singkat tetap harus memiliki unsur 5W + 1H yang terdiri dari what (apa), where (di mana), when (kapan), who (siapa), why (mengapa), dan how (bagaimana).

Teks berita harus ditulis dengan bahasa yang tidak rumit dan berlebihan. Adanya unsur 5W + 1H dalam berita dapat membantu mengidentifikasi siapa yang terlibat dan mengapa peristiwa itu terjadi, juga untuk menghindari spekulasi atau informasi yang tidak benar.

Berikut 10 Contoh Teks Berita dengan Unsur 5W + 1H

1. Jung Hae In Gelar Fan Meeting di Asia



Untuk pertama kali, aktor Jung Hae In akan menggelar fan meeting di beberapa kota Asia. Berdasarkan keterangan FNC Entertainment, event tersebut akan dimulai di Grand Peace Palace, Universitas Kyung Hee, Seoul, pada 28 Juli 2018, pukul 17.00 KST. Kedatangannya ini untuk bisa bertemu penggemarnya di Asia.

Baca juga: Ciri-Ciri Teks Non Sastra dan Jenisnya sebagai Referensi

2. Pesawat yang Dirakit Petani di Enrekang akan Direnovasi Menjadi Helikopter

Pesawat yang dibuat petani bernama Ibrahim di sebuah Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan belum mampu terbang. Sebab memiliki kendala pada landasan pacunya. Ibrahim lalu memutuskan untuk mengubah pesawat buatannya menjadi sebuah helikopter agar bisa terbang.

”Pesawat Ibrahim sendiri telah ada di kebun raya Kabupaten Enrekang. Kemarin mau saya terbangkan, tapi melihat tracknya kurang kayak, pada akhirnya saya batalkan. Jadi, hingga sekarang ini masih berada di sana sampai sekarang”, kata Ibrahim pada saat dikonfirmasi, Rabu (4/2023).

3. Positif COVID-19, Praveen/Melati Batal Bertanding di German Open 2022



Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti batal bertanding di German Open 2022 karena terkonfirmasi positif COVID-19. Kabar ini dikonfirmasi oleh Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin. Keduanya dikonfirmasi positif COVID-19 menjelang keberangkatan pada Jumat (4/3).

Selain Praveen dan Melati, pasangan ganda campuran lainnya yakni Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuella Widjaja juga dikabarkan positif COVID-19. Sementara pelatih mixed doubles PB Djarum, Vita Marissa dinyatakan negatif COVID-19.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More