Ciri-Ciri Teks Non Sastra dan Jenisnya sebagai Referensi

Jum'at, 22 September 2023 - 09:31 WIB
loading...
Ciri-Ciri Teks Non Sastra dan Jenisnya sebagai Referensi
Ciri-ciri teks non sastra wajib diketahui untuk para pelajar, khususnya bagi yang ingin menulis secara formal. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri teks non sastra wajib diketahui untuk para pelajar, khususnya bagi yang ingin menulis secara formal dan tidak terjebak dengan tulisan bergaya sastra .

Teks non sastra adalah teks yang bersifat faktual dan bertujuan untuk menyampaikan informasi dan data-data yang akurat tanpa ada unsur fiksi atau imajinasi.

Karena tidak menggunakan unsur fiksi, teks non sastra dapat menjelaskan sesuatu dengan lebih detail dan menyeluruh sehingga bisa dijadikan referensi oleh para pembaca.

Berikut Ciri-Ciri Teks Non Sastra

1. Tidak Menggunakan Unsur Fiksi


Teks non sastra tidak menggunakan unsur fiksi atau khayalan sehingga semua informasi yang disajikan dalam teks non sastra bersifat nyata dan sudah dibuktikan.

2. Informasinya Akurat dan Faktual


Dalam menulis teks non sastra, penulis harus memiliki sumber data yang dapat dipercaya untuk mendapatkan informasi yang kredibel. Karena tujuan dari teks non sastra adalah memberikan informasi dan data yang faktual kepada pembacanya.

3. Isinya Bersifat Objektif

Karena teks non sastra tidak menggunakan unsur fiksi atau khayalan, sehingga informasi yang diberikan bersifat objektif dan akurat.

Baca juga: 5 Channel YouTube yang Bikin Kamu Pintar Bahasa Inggris

4. Memiliki Struktur yang Jelas dan Terstruktur


Teks non sastra memiliki struktur yang jelas agar pembaca lebih mudah memahami informasi yang diberikan. Biasanya, akan ada sub judul dan bagian-bagian tertentu pada teks ini untuk memudahkan pembaca mencari informasi yang dibutuhkan.

5. Informasi yang Disajikan Dapat Diuji Kebenarannya


Informasi yang dapat diuji kebenarannya adalah fakta, data, dan angka-angka. Kebenaran dari informasi ini dapat diperiksa melalui berbagai sumber yang telah teruji untuk menghasilkan informasi yang terpercaya.

6. Penjelasan Detail dan Jelas


Teks non sastra bisa menjelaskan sesuatu dengan detail dan jelas tanpa mengandung unsur fiksi atau imajinasi seperti teks sastra.

7. Menggunakan Bahasa yang Sederhana dan Mudah Dipahami


Bahasa yang digunakan dalam teks non sastra bersifat sederhana dan mudah dipahami. Hal ini bertujuan agar pembaca dapat memahami informasi yang diberikan dengan mudah.

Jenis-Jenis Teks Non Sastra

1. Biografi


Biografi menceritakan kisah hidup seseorang dan di dalamnya bercerita mengenai suasana dan kejadian penting yang dialami sang tokoh.

2. Ensiklopedia


Teks yang bersifat referensi atau ringkasan mengenai informasi dari berbagai cabang ilmu pengetahuan.

3. Jurnal


Tulisan atau teks yang memuat mengenai ilmu tertentu. Biasanya, digunakan sebagai sumber rujukan yang ilmiah karena sudah terbukti kebenarannya.

4. Teks Prosedur


Teks prosedur berisi langkah-langkah dalam melaksanakan sesuatu, seperti langkah-langkah dalam memasak, langkah-langkah membersihkan rumah, maupun langkah-langkah lainnya.

Baca juga: 6 Contoh Teks Anekdot Lucu Beserta Struktur dan Ciri-cirinya

5. Teks Ulasan


Teks ulasan berisi tentang ulasan mengenai suatu hal, seperti ulasan mengenai buku, tempat, atau makanan.

6. Teks Berita


Teks berita berisi sebuah berita yang bersifat informatif, faktual, dan akurat untuk dibagikan kepada para pembaca.

MG/Shandya Pricilla
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3697 seconds (0.1#10.140)