5 Prospek Kerja Menjanjikan Jurusan Teknik Sipil yang Tak Melulu Bangun Proyek Infrastruktur

Senin, 02 Oktober 2023 - 13:00 WIB
Lulusan teknik sipil tak hanya berpeluang besar kerja yang berkaitan dengan pembangunan sebuah proyek, namun juga bisa merambah peluang kerja lain yang cukup luas. Foto/Ist
JAKARTA - Ini prospek kerja menjanjikan lulusan jurusan kuliah Teknik Sipil selain membangun proyek. Prospek karier adalah salah satu hal penting yang dipertimbangkan ketika menentukan jurusan kuliah. Setiap jurusan kuliah memiliki prospek karir yang berbeda-beda, begitu juga dengan Teknik Sipil.Karena itu ketepatan memilih jurusan kuliah bisa berakibat ke masa depan seseorang.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengambil jurusan Teknik Sipil, jangan khawatir karena peluang kerja untuk lulusan ini cukup luas dan sangat prospektif. Terlebih, saat ini Indonesia masih membutuhkan sumber daya untuk membangun berbagai infrastruktur, mulai dari jembatan, jalan raya, dan sebagainya.

Tapi perlu diingat, lulusan teknik sipil tak melulu hanya bisa berkarier dalam pembangunan proyek infrastruktur tertentu.Lulusan teknik sipil juga berpeluang besar berkarier di banyak tempat yang tak ada hubungannya dengan membangun proyek. Lalu di mana saja? Artikel kali ini akan membahas peluang kerja lulusan teknik sipil selain bidang pembangunan infrastruktur atau pembangunan proyek

5 Prospek Kerja Menjanjikan Jurusan Teknik Sipil Selain Bangun Proyek



1. Konsultan Konstruksi



Memberikan saran dan arahan dalam proses pembangunan, mulai dari ide desain hingga teknik pembangunan. Biasanya proyek yang dijalankan adalah proyek jembatan, tol, saluran pipa, dan sebagainya.

2. Pegawai Pemerintahan/BUMN



Lulusan Teknik Sipil bisa bekerja di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah maupun Nasional, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Selain itu lulusan jurusan ini juga terbuka untuk berkarier di PLN dan Telkom Indonesia.

3. Insinyur Sumber Daya Perairan



Saat ini banyak sekali proyek pembangunan yang mengutamakan sistem saluran air dan kualitas air yang baik.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More