Berikut Pengertian, Jenis, Struktur, dan Contoh Proposal yang Baik

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 07:05 WIB
Proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja secara tertulis. Foto/Freepik/Nakaritore.
JAKARTA - Proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja secara tertulis. Proposal biasanya bersifat formal yang digunakan untuk dipertimbangkan atau didiskusikan oleh orang lain.

Secara umum, isi proposal berupa usulan kegiatan. Secara khusus, isi proposal dapat bervariasi tergantung pada jenis kegiatan yang diusulkan.

Jenis-jenis Proposal

1. Proposal Penelitian



Proposal penelitian adalah gagasan yang menjelaskan isu-isu atau pertanyaan-pertanyaan utama yang ingin dibahas. Proposal ini menguraikan bidang studi umum yang menjadi fokus penelitian yang diangkat, mengacu pada kondisi pengetahuan saat ini dan perdebatan terkini tentang topik tersebut. Proposal penelitian berisi tentang gambaran singkat penelitian, latar belakang, tujuan dan manfaat, dan lain sebagainya.

2. Proposal Kegiatan



Proposal kegiatan adalah gagasan yang bertujuan untuk mendapatkan tinjauan formal atas kegiatan yang diusulkan. Proposal kegiatan menjelaskan kerangka waktu, tujuan bisnis, dan perkiraan biaya kegiatan. Biasanya, proposal kegiatan ditujukan untuk membuat kegiatan seperti lomba, seminar, perizinan, dan lainnya.

3. Proposal Proyek atau Bisnis



Proposal bisnis adalah proposal yang berisikan tentang profil, kelebihan, keuntungan dan kerugian bisnis yang akan dibuat.

Baca juga: Generasi Milenial di Indonesia Mayoritas Hanya Menamatkan Pendidikan Tingkat SMA

Struktur Proposal Penelitian

1. Judul Proposal



Judul proposal adalah elemen utama yang menentukan isi proposal, sehingga buatlah judul proposal yang relevan dan menarik agar pembaca dapat memberikan dampak positif terhadap proposal yang diajukan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More