Jadi Politeknik Nomor 1 di Indonesia, Ini Profil PENS dan Jurusan yang Ditawarkan

Kamis, 12 Oktober 2023 - 15:20 WIB
Profil Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), politeknik terbaik di Indonesia versi Webometrics edisi Juli 2023. Foto/PENS.
JAKARTA - Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menjadi politeknik terbaik di Indonesia menurut Webometrics 2023. Mari mengenal lebih jauh PENS yang berdiri sejak 1984 ini.

PENS pada pemeringkatan perguruan tinggi dunia Webometrics edisi Juli 2023 menempati peringkat 28 terbaik di Indonesia dan berada di posisi 2.493 dunia.

Profil dan Sejarah PENS



Dikutip dari laman PENS, keberadaan PENS terkait dengan pemberian hibah dari Japan International Cooperation Agency (JICA), sebuah badan kerja sama internasional Jepang untuk membantu pembangunan negara-negara berkembang.

Bantuan dan hibah tersebut jatuh ke Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang bersedia menyediakan lahan 10 hektar untuk pembangunan politeknik.

Pada awalnya dipilihlah nama Politeknik Elektro dengan lima fakultas, yaitu FMIPA, FTI, Teknik Sipil Perencanaan, Perkapalan, dan Fakultas Non Gelar Teknologi.

Pada 1988, pembangunan Politeknik Elektro rampung. JICA pun secara resmi memberikan gedung dan juga peralatan pendidikan di politeknik tersebut kepada pemerintah Indonesia. Pada Juni 1988, Presiden ke-2 RI Soeharto meresmikan pendidikan tinggi teknik yang diberi nama Politeknik Elektronika dan Telekomunikasi (PET).

Baca juga: Alumni Perguruan Tinggi Ini Ternyata Jadi Langganan Diterima di Kementerian Negara

Bantuan JICA ini tidak hanya terlihat dari kualitas bahan bangunan dengan spesifikasi tinggi namun juga kualitas mebeler meja dan kursi yang masih kokoh hingga kini. Barang sumbangan JICA juga diberi label tulisan From People Japan, menunjukkan hibah tersebut benar-benar dari masyarakat Negeri Matahari Terbit itu.

Mahasiswa PET angkatan pertama terdiri dari 120 mahasiswa. Pakar elektronika dan telekomunikas dari Tokyo diterbangkan ke Surabaya untuk transfer knowledge dan begitu pula pengajar PET diterbangkan ke Jepang untuk belajar metodologi pendidikan politeknik hingga menyiapkan modul pembelajaran.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More