5 Universitas di Indonesia dengan Jurusan AI Berikut Prospek Kariernya

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 16:37 WIB
Lima universitas di Indonesia dengan jurusan Artificial Intelligence (AI) dan juga informasi prospek kariernya. Foto/Humas ITS.
JAKARTA - Jurusan kuliah Artifical Intelligence (AI) kini sudah mulai dilirik oleh banyak orang. Dulu, perusahaan memerlukan banyak tenaga kerja untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Kini semenjak adanya AI , tenaga kerja banyak yang tergeser untuk mengurangi cost yang ada.

Kini, teknologi AI bisa dipelajari di universitas. Terdapat lima universitas di Indonesia dengan jurusan AI dan prospek kerja yang menarik untuk disimak.

5 Universitas di Indonesia dengan Jurusan AI

1. Sains Data dan Kecerdasan Buatan - Universitas Sumatera Utara (USU)

Program studi di USU membekali mahasiswanya dengan kemampuan umum dalam dua ilmu khusus yaitu sains data dan kecerdasan buatan. Program studi ini tersedia untuk S2.

Baca juga: 6 Public Figure Indonesia Lulusan Kampus Ivy League, Nomor 5 Ada Menteri Muda



Prospek kerja yang ditawarkan adalah sebagai analisis data (data analyst), saintis data (data scientist), dan perekayasa data (data engineer).

2. Kecerdasan Artificial - Universitas Gadjah Mada (UGM)



Program studi di UGM ini hanya tersedia untuk jenjang S2 dan membekali mahasiswanya untuk membangun fundamental kecerdasan artifisial yang memberikan solusi dalam menyelesaikan masalah pada dunia nyata (sains, teknologi, kesehatan, sosial ekonomi, pangan, dan ketahanan nasional).

Program studi ini menawarkan prospek kerja sebagai peneliti, dosen, guru, data scientist, dan data analyst, AI specialist, AI engineer, AI Scientist, machine learning egineer, business intelligence developer, AI entrepreneur, chief AI scientist start-up.

3. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan - Universitas Airlangga (Unair)

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More