Pembukaan PKN 2023, Kantor Bappenas Disulap Jadi Tempat Pelaku Budaya

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 10:58 WIB
Kantor Bappenas di kawasan Menteng juga ikut bersolek disulap menjadi tempat pelaku budaya di PKN 2023. Foto/Ditjen Kebudayaan.
JAKARTA - Ada yang berbeda kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 yang di gagas Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, yaitu dengan melibatkan Bappenas . PKN yang dibuka 20 Oktober dan berakhir 29 Oktober tidak hanya melibatkan 800 pelaku seni dan budaya bahkan unsur pemangku kebijakan.

Sejak Rabu (18/10/2023) kemarin, Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di kawasan Menteng juga ikut bersolek disulap menjadi tempat pelaku budaya. Bappenas sebagai poros utama penyusunan perencanaan pembangunan ini juga turut merayakan panen raya kerja-kerja kebudayaan, sebagai rujukan untuk menyusun perencanaan pembangunan ke depan.

Baca juga: PKN 2023 akan Hadirkan Hasil Panen Pangan Nusantara



Hal tersebut disampaikan Fitra Arda, Sekretaris Ditjen Kebudayaan, Kemdikbudristek. “Kami mengajak Bappenas untuk bersama merayakan panen hasil kerja kebudayaan di dalam rangkaian Pekan Kebudayaan Nasional 2023. Sekaligus melakukan musyarawah mengenai pemajuan kebudayaan dengan para komunitas, lembaga dan pelaku budaya. Sejalan dengan semangat lumbung pada Pekan Kebudayaan, pembangunan kebudayaan dilakukan secara gotong royong” kata Fitra, melalui siaran pers, Jumat (20/10/2023).

Tak hanya itu rangkaian PKN yang dipresentasikan dalam bentuk ruang tamu di berbagai ruang publik, Bappenas menyambut baik dan turut serta membuka ruang Kantor Bappenas sebagai Ruang Tamu Pekan Kebudayaan Nasional 2023 bekerja sama dengan Jatiwangi Art Factory, komunitas budaya dari Jatiwangi, Majalengka.

Baca juga: Ruang Ekspresi Kebudayaan, Kemendikbudristek Kembali Gelar PKN 2023



“Di ruang tamu tersebut, akan dilaksanakan berbagai kegiatan termasuk pergelaran musik, pameran, diskusi-diskusi yang melibatkan seluruh unsur di Bappenas mengangkat tema Jalan Kebudayaan untuk Indonesia Emas 2045” ungkap Ismal, penggiat budaya dari Komunitas Jatiwangi Art Factory.

Begitu pula Ruang Tamu PKN di kantor Bappenas akan mulai dibuka dengan prosesi akad ijab kobul antara Kemendikbudristek dengan Bappenas pada tanggal 20 Oktober 2023, dan terbuka untuk umum hingga tanggal 29 Oktober 2023.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More