6 Skill yang Harus Dimiliki Ketua OSIS, No 4 Rendah Hati

Kamis, 26 Oktober 2023 - 13:50 WIB
Ketua OSIS adalah pemimpin tertinggi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) yang harus memiliki 6 skill supaya menjadi pemimpin yang baik. Foto/Universitas Nusa Mandiri.
JAKARTA - Ketua OSIS adalah pemimpin tertinggi Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Agar menjadi pemimpin yang semakin dibanggakan oleh teman dan sekolah tentunya seorang ketua OSIS perlu memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding sebayanya.

Tujuan dari OSIS adalah untuk membentuk jiwa kepemimpinan sejak dini. Siswa yang masuk kepengurusan juga diberikan rasa tanggung jawab untuk membentuk karakter di masa depan.

OSIS juga hadir sebagai wadah untuk mengembangkan potensi siswa sehingga bisa mengaktualisasikan ide-ide maupun gagasan dari peserta didik demi kemajuan sekolah.

Baca juga: 10 Pertanyaan untuk Calon Ketua OSIS saat Debat, Bisa Dijadikan Referensi!

Pengurus OSIS biasanya terdiri dari ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan anggota. Ketua OSIS tentu dipilih dari siswa yang terbaik sehingga bisa memimpin organisasi ini demi kemajuan sekolah dan siswa.

Lalu apa saja skill yang harus dimiliki seorang ketua OSIS? Dikutip dari laman SMA Dwiwarna, berikut ini ulasannya.

6 Skill yang Harus Dimiliki Ketua OSIS

1. Mampu Berkomunikasi



Menjadi seorang pemimpin di mana pun itu memang harus memiliki skill komuniksi yang baik. Sebab seorang ketua OSIS harus mampu menjembatani apa yang dibutuhkan teman-temannya dengan guru ataupun pihak lain. Berbagai ide dan pendapat akan dapat diterima jika ketua OSIS mampu mengkomunikasikannya dengan lugas, tepat, dan jelas.

2. Bijaksana dan Tegas



Seorang ketua OSIS yang bijaksana artinya tahu mana yang baik dan benar serta bisa menempatkan permasalahan sebagaimana mestinya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More