Pengertian Majas Sinisme, Ciri-Ciri, dan Contohnya

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 15:12 WIB
Majas sinisme merupakan ungkapan atau pernyataan untuk menggambarkan sesuatu dan menyamakannya dengan yang lain. Foto/Freepik.
JAKARTA - Majas sinisme merupakan ungkapan atau pernyataan untuk menggambarkan sesuatu dan menyamakannya dengan yang lain. Majas sinisme berisi sindiran atau ejekan. Setiap kalimat majas sinisme dilontarkan sering kali membuat seseorang merasa tersinggung, apalagi jika yang mengucapkannya lebih muda.

Namun, terkadang majas sinisme harus diucapkan sebagai bentuk sindiran agar seseorang berubah menjadi lebih baik lagi. Adapun ciri-ciri dari majas sinisme yang membedakannya dengan majas lainnya sebagai berikut.

Ciri-Ciri Majas Sinisme

1. Disampaikan Secara Langsung, Tanpa Menggunakan Kiasan



Majas sinisme disampaikan tanpa ada yang ditutupi sebagai bentuk sindiran agar seseorang bisa berubah menjadi lebih baik. Namun, ada juga yang sengaja menyampaikan majas sinisme agar seseorang merasa sakit hati.

Baca juga: Perbedaan Majas Pars Pro Toto dan Totem Pro Parte Beserta Contohnya

2. Berupa Hinaan atau Makian



Ucapan yang disampaikan pada majas sinisme bisa berupa hinaan, tetapi tidak bermaksud untuk menyakiti hati seseorang. Karena bertujuan untuk menyampaikan sesuatu yang memang benar terjadi.

3. Penilaian Terhadap Tindakan



Majas sinisme diucapkan sebagai bentuk penilaian terhadap tindakan seseorang, tidak jarang ungkapan dari majas ini bisa menimbulkan selisih paham terutama jika orang tersebut tidak terima.

Berikut 10 Contoh Majas Sinisme

1. Sebagai lelaki, seharusnya kamu bekerja keras. Jangan hanya mengandalkan istrimu.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More