Hebat, Tim Riset MAN 4 Jakarta Borong Medali Emas di World Student Conference

Rabu, 01 November 2023 - 17:20 WIB
Tim riset siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Jakarta. Foto/Kemenag.
JAKARTA - 5 tim riset Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 4 Jakarta berhasil mengharumkan nama bangsa di 1st World Student Conference: International Youth Researcher Competition and Exhibition 2023. Mereka berhasil meraih medali emas di sejumlah kategori lomba.

1st World Student Conference: International Youth Researcher Competition and Exhibition 2023. adalah event pertama yang diselenggarakan oleh Pusat Riset Pendidikan BRIN dan Universitas Narotama Surabaya bekerja sama dengan Universitas Negeri Jakarta, Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda, Universitas Nasional Jakarta, UTHM Malaysia, UTEM Malaysia, UiTM Malaysia, dan Fathoni University Thailand.

Event yang dilaksanakan selama 6 hari (22 - 27 Oktober 2023) dimulai dengan edu tour di Singapura, kunjungan kampus dan kompetisi riset di Malaysia, dan berakhir dengan pemberian penghargaan bagi seluruh tim di Thailand.

Baca juga: Alumnus MAN 1 Malang Ini Jadi Wisudawan Termuda ITS, Jurusannya Matematika



Terdapat beberapa bidang yang dilombakan pada event ini, yakni bidang Social Innovation, Game Innovation, Local Technology, Green Innovation, dan Mobile Innovation dengan kategori lomba Presentasi Oral, Poster dan Video.

Sebanyak 27 tim riset dari berbagai sekolah, madrasah dan universitas terlibat dalam lomba tersebut. MAN 4 Jakarta Selatan sendiri mengirimkan lima tim terbaiknya yang semuanya mendapatkan medali emas.

“Event lomba ini sangat mengesankan bagi anak-anak,” ungkap Yunarni Siregar, guru Bahasa Indonesia di MAN 4, dikutip dari laman Kemenag, Rabu (1/11/2023).

Pengalaman berkompetisi dengan lawan internasional menjadi pengalaman berharga bagi siswa, tutur Yunarni. Selain itu mereka juga bisa mengunjungi beberapa kampus di negara lain seperti University Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM), Universiti Teknologi MARA Malaysia, University Teknikal Malaysia, dan Fathoni University Thailand serta mengikuti edu tour di Singapura, Kuala Lumpur, Malaysia, dan Songkhla, Thailand.

"Dalam kunjungan tersebut, mereka mendapat gambaran tentang kehidupan perkuliahan di Malaysia dan Thailand, pengalaman hidup di luar negeri dan lebih mengenal budaya setempat,” katanya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More