15 Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya

Jum'at, 03 November 2023 - 16:11 WIB
15 contoh teks eksemplum dan juga struktur penulisannya. Foto/Freepik.
JAKARTA - Teks eksemplum adalah jenis teks yang digunakan untuk memberikan contoh atau ilustrasi tentang suatu konsep, nilai, atau prinsip. Teks ini sering digunakan untuk memberikan pelajaran atau pesan moral kepada pembaca melalui cerita atau peristiwa nyata atau fiksi.

Struktur Teks Eksemplum



Sebelum mengetahui contoh teks eksemplum, mari pahami struktur dasarnya. Struktur teks eksemplum terdiri dari beberapa elemen utama:

1. Pendahuluan



Pendahuluan dalam teks eksemplum biasanya menggambarkan latar belakang cerita atau situasi yang akan diilustrasikan. Ini menciptakan konteks untuk pembaca.

2. Isi Utama



Bagian utama teks eksemplum berisi cerita atau contoh yang ingin diberikan. Cerita ini mungkin berupa kisah nyata atau fiksi yang mengilustrasikan konsep atau pesan yang ingin disampaikan.

3. Moral atau Pesan



Setelah memberikan contoh, teks eksemplum selalu memiliki pesan moral atau pelajaran yang ingin disampaikan kepada pembaca. Pesan ini adalah inti dari teks eksemplum.

4. Kesimpulan



Kesimpulan mengulang pesan moral atau pelajaran dan kadang-kadang menambahkan sedikit rangkuman cerita. Ini menguatkan pesan yang ingin disampaikan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More