6 Perguruan Tinggi Negeri yang Memiliki Jurusan Ilmu Gizi, Kuliah Pilihan Bidang Kesehatan

Sabtu, 04 November 2023 - 11:59 WIB
Salah satu universitas yang memiliki jurusan ilmu gizi terbaik adalah UGM. Program studi Gizi Kesehatan di UGM merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK). Foto/Ist
JAKARTA - Ini daftar 6 perguruan tinggi negeri dengan jurusan ilmu gizi yang bisa dijadikan pilihan studi. Berminat menjadi ahli gizi? Jika iya, maka berkuliah di jurusan ilmu gizi menjadi pilihan terbaik.

Ilmu gizi dipahami sebagai ilmu yang mempelajari hubungan antara makanan dengan kesehatan. Agar dapat menghasilkan energi dan berfungsi dengan baik, tubuh kita memerlukan zat gizi atau nutrients.

Lalu bagaimana prospek lulusan ilmu gizi? Selain di rumah sakit, lulusan ilmu gizi juga dapat menjadi konsultan gizi untuk mendukung orang-orang yang berprofesi sebagai seorang atlet.Artikel kali ini khusus akan membahas setidaknya ada 6 PTN yang membuka jurusan ilmu gizi, simak ya!

6 Perguruan Tinggi Negeri yang Memiliki Jurusan Ilmu Gizi



1. Universitas Gadjah Mada (UGM)



Program studi Gizi Kesehatan di Universitas Gadjah Mada merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK). Disahkan secara nasional pada tahun 2003, program studi ilmu gizi di UGM adalah penyelenggara Prodi S1 Gizi Kesehatan dan Program Pendidikan Profesi Dietisien pertama di Indonesia.

Maka tidak heran apabila departemen ini kerap dijadikan sebagai institusi rujukan oleh penyelenggara pendidikan gizi lainnya di Indonesia. Prodi Gizi Kesehatan UGM memiliki status terakreditasi A dari BAN-PT sehingga bisa dibilang sebagai salah satu jurusan unggulan di Indonesia. Prodi Gizi Kesehatan UGM memiliki lima divisi yakni Gizi Masyarakat, Gizi Klinik, Manajemen Penyelenggaraan Makanan, Makanan Fungsional dan Nutrasetikal, dan Gizi Molekuler

2. Universitas Airlangga (Unair)



Universitas Airlangga merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang memiliki Program Studi Ilmu Gizi. Program studi ini berada dalam naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat yang menyediakan pembelajaran untuk program sarjana.

Nilai akreditasi yang diberikan untuk jurusan ilmu gizi di Universitas Airlangga adalah A. Nilai akreditasi ini masih berlaku hingga tahun 2023 mendatang. Idealnya, prodi ilmu gizi di universitas ini dijalani selama 8 semester. Untuk dapat menjadi seorang Sarjana Gizi, jumlah beban studi yang harus diambil adalah 166 SKS
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More