Kobarkan Semangatmu, Ini 7 Contoh Teks Pidato Singkat Hari Pahlawan

Rabu, 08 November 2023 - 06:12 WIB
Hari Pahlawan biasanya diperingati dengan berbagai macam acara, seperti lomba membaca pidato. Foto/SINDOnews.
JAKARTA - Hari Pahlawan merupakan peringatan penting dalam sejarah bangsa Indonesia yang diadakan setiap 10 November. Perayaan Hari Pahlawan ini diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan bangsa Indonesia yang telah berjuang dan berkorban untuk kemerdekaan Indonesia.

Tujuan utama diperingatinya Hari Pahlawan adalah untuk memberikan rasa hormat serta penghargaan kepada para pahlawan banga Indonesia yang telah berjuang dalam perang demi mencapai kemerdekaan Indonesia. Selain itu, dengan diperingatinya Hari Pahlawan juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya menghargai para pahlawan serta memahami sejarah bangsa.

Hari Pahlawan biasanya diperingati dengan berbagai macam acara, seperti upacara bendera dan lomba membuat puisi hingga membaca teks pidato Hari Pahlawan.

Untuk mengetahui berbagai contoh pidato Hari Pahlawan, simak 7 contoh pidato Hari Pahlawan.



1. Hari Pahlawan, Momen Mengenang Jasa Para Pahlawan Bangsa



Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Selamat pagi, Salam sejahtera bagi kita semuanya, Om swastiastu, Namo buddhaya, Salam kebajikan.

Yang saya hormati, Bapak Kepala Sekolah Yang saya hormati, Bapak dan Ibu guru Juga kepada teman-teman yang saya banggakan. Puji dan syukur mari kita haturkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan karunia-Nya, kita bisa berkumpul di tempat ini.

Hadirin yang saya hormati, Pada kesempatan hari ini, izinkan saya menyampaikan pidato tentang pahlawan. Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia.

Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya.

Peristiwa tersebut memperlihatkan betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya, dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More