Profil 7 Tokoh Pertempuran Surabaya 10 November 1945 dalam Mempertahankan Kemerdekaan RI

Jum'at, 10 November 2023 - 09:25 WIB
Bung Tomo menjadi salah satu tokoh pahlawan dalam Pertempuran Surabaya yang terjadi pada 10 November 1945. Foto/Istimewa.
JAKARTA - Pertempuran Surabaya yang terjadi pada 10 November 1945 merupakan dasar dari penetapan Hari Pahlawan . Pertempuran ini menjadi peperangan pertama yang terjadi setelah Indonesia merdeka.

Awal mula terjadi pertempuran di Surabaya adalah datangnya Sekutu yang tergabung dalam Allied Forces Netherland East Indies (AFNEI). AFNEI dipimpin oleh Jenderal AWS Mallaby pada 25 Oktober 1945 dengan melanggar kesepakatan yang dibuat dengan Indonesia.

AWS Mallaby kemudian tertembak, hal ini membuat Mayor Jenderal EC Mansergh mengeluarkan ultimatum agar pada pejuang menyerah.

Peristiwa ini mencapai puncaknya pada 10 November 1945 yang banyak menewaskan para pejuang-pejuang kemerdekaan. Hal ini membuat 10 November menjadi Hari Pahlawan. Lantas, siapa saja tokoh yang terlibat dalam Pertempuran Surabaya?

Berikut tujuh tokoh PertempuranSurabaya 10 November 1945.

1. Bung Tomo



Ir Soetomo atau yang lebih dikenal sebagai Bung Tomo merupakan tokoh yang sangat dihormati dalam sejarah Indonesia. Bung Tomo juga dikenal sebagai orator ulung dan pemimpin perjuangan rakyat Surabaya selama peristiwa Pertempuran Surabaya.

Baca juga: 8 Contoh Pidato Hari Pahlawan Singkat dan Penuh Makna



Kepiawaiannya dalam berbicara membuat Bung Tomo memerankan peran penting dalam memotivasi dan memberikan semangat kepada rakyat Surabaya dalam perlawanan melawan pasukan Sekutu dan Belanda.

2. Gubernur Suryo



Gubernur Suryo memiliki nama asli Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo. Gubernur Suryo merupakan seorang gubernur Jawa Timur pertama yang menjabat pada 5 September 1945.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More