Kamu Penyuka Ilmu Alam, 12 Jurusan yang Berhubungan dengan Ilmu Biologi Ini Cocok Buat Kuliah

Selasa, 28 November 2023 - 13:24 WIB
Salah satu jurusan kuliah yang berhubungan dengan ilmu biologi antara lain adalah jurusan biologi dan Ilmu Kelautan. Foto/Ist
JAKARTA - Ini 12 jurusan kuliah yang berhubungan dengan biologi. Pada dasarnya, ilmu Biologi mempelajari tentang makhluk hidup dan faktor-faktor yang mempengaruhi mereka. Tetapi, perlu diketahui juga apabila area keilmuan Biologi itu sangat luas dan tidak hanya terbatas pada hal-hal tersebut.

Maka dari itu, kamu mungkin bisa menemukan beragam jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi sebagai salah satu ilmu yang dipelajari. Artikel kali ini secara khusus membahas jurusan kuliah apa yang berkaitan dengan biologi, simak ya!

Daftar 12 Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Ilmu Biologi



1. Jurusan Biologi



Umumnya, jurusan Biologi berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, namun kamu juga bisa menemukan beberapa perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Biologi sendiri.

Berbeda dengan saat kamu masih SMA, ilmu yang dipelajari di jurusan Biologi biasanya berkutat pada hewan dan tumbuhan saja, sementara ilmu tentang manusia akan dipelajari di Kedokteran dan Psikologi.

Di dalam jurusan Biologi, kamu masih akan menemukan pemecahan ilmu lain yaitu zoologi (mempelajari tentang hewan) dan botani (mempelajari tentang tumbuhan).

2. Jurusan Ilmu Kelautan



Jurusan Ilmu Kelautan atau Oseanografi menjadi jurusan kuliah yang berhubungan dengan Biologi selanjutnya. Kalau kamu kuliah di jurusan ini, kamu akan mempelajari seluruh materi yang berhubungan dengan aspek laut dan samudera, mulai dari ekologi laut, dinamika pasang surut, hingga studi akustik kelautan.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More