Begini Cara Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula, Dijamin Cepat Mahir!

Selasa, 28 November 2023 - 21:19 WIB
Belajar bahasa Jepang untuk pemula tidak boleh dilakukan secara sembarang, supaya hasilnya lebih terlihat dan efektif. Foto/MNC Media.
JAKARTA - Belajar bahasa Jepang untuk pemula tidak boleh dilakukan secara sembarang, supaya hasilnya lebih terlihat dan efektif.

Mempelajari bahasa asing , terutama Jepang tentu bukanlah hal yang bisa dilakukan secara instan, namun terdapat beberapa cara untuk mempercepat pemahaman tentang bahasa asing yang sedang dipelajari.

Lalu, bagaimana metode yang efektif untuk mempelajari bagi para pemula? Dikutip berbagai sumber pada Selasa (28/11/2023), berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Tips Belajar Bahasa Jepang untuk Pemula

1. Kenali Huruf Jepang Terlebih Dahulu



Berbeda dengan bahasa Indonesia, bahasa Jepang mempunyai 3 sistem huruf, yakni Kanji, Katakana, dan Hiragana. Anda perlu memahami ketiganya. Alasan utamanya adalah karena pemakaian ketiga sistem aksara tersebut saling berkaitan. Bahkan, tak menutup kemungkinan kalau orang Jepang menggunakan sistem huruf yang berbeda secara bersamaan.

- Kanji: Huruf kanji merupakan jenis aksara yang tertua dalam sistem huruf Jepang. Kanji merupakan sistem aksara yang merupakan hasil adopsi dari aksara Hanzi dari Tiongkok. Hanya saja, huruf-huruf kanji punya bentuk yang lebih sederhana dibandingkan Hanzi.

- Hiragana: Berbeda dengan kanji, hiragana merupakan sistem huruf asli dari Jepang. Awalnya, hiragana hanya digunakan oleh para wanita. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, penggunaannya pun meluas dan sejak awal abad ke-10, hiragana dipakai oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

- Katakana: Merupakan sistem huruf yang berfungsi sebagai pelengkap. Keberadaannya, lagi-lagi terjadi karena banyak orang Jepang yang punya kesulitan dalam memahami huruf kanji. Dalam perkembangannya, katakana dipakai oleh masyarakat Jepang dalam menuliskan kata-kata serapan.

2. Memahami Tata Bahasa Jepang



Setelah mengetahui huruf Jepang sebagai awal yang penting untuk belajar bahasa Jepang, langkah selanjutnya adalah mencari tahu tentang dasar tata bahasa Jepang. Dalam bahasa Jepang, terdapat beberapa bentuk kalimat yang perlu diketahui seperti past, non-past, polite and plain.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More