Jadi Mahasiswa Baru, 7 Hal Penting Ini Harus Disiapkan untuk Masuk Perguruan Tinggi

Kamis, 30 November 2023 - 07:32 WIB
Salah satu hal penting yang harus dipersiapkan calon mahasiswa baru di perguruan tinggi adalah mencari informasi mengenai pendaftaran masuk ke universitas yang dituju. Foto/Ist
JAKARTA - Ini sejumlah hal penting yang harus dipersiapkan calon mahasiswa untuk masuk ke perguruan tinggi. Tahun ajaran baru sebentar lagi akan tiba. Bagi kamu yang berminat melanjutkun studi ke perguruan tinggi baik di perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS), sudah seharusnya mulai mempersiapkan diri untuk menjadi mahasiswa baru.

Pindah fase bangku sekolah ke bangku perkuliahan tentu mengharuskan kamu mempersiapkan berbagai hal. Apa saja yang peru dipersiapkan calon mahasiswa untuk masuk ke gerbang perguruan tinggi? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Sejumlah Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Masuk Perguruan Tinggi



1. Mencari tahu informasi pendaftaran



Perguruan tinggi baik negeri maupun swasta umumnya membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru sejak awal tahun. Nantinya, tiap perguruan tinggi memiliki jalur penerimaan mahasiswa baru yang berbeda-beda. Untuk itu, pastikan kamu mencari informasi pendaftaran secara detail.

2. Mencari dan menentukan jurusan



Hal pertama yang wajib kamu pikirkan sebelum menentukan ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi mana adalah kamu harus mengetahui terlebih dahulu jurusan apa yang akan dipilih. Setelah kamu mengetahui minat dan bakatmu cocok di jurusan apa, maka barulah kamu bisa membandingkan jurusan yang dipilih di beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan tersebut.

3. Mempersiapkan diri untuk mengikuti tahapan seleksi



Ketika sudah mendaftar, kamu harus memahami pula proses seleksi di perguruan tinggi yang dipilih. Umumnya, perguruan tinggi akan meminta setiap calon mahasiswa baru untuk melampirkan berkas-berkas tertentu. Tiap perguruan tinggi tentu memilih aturan seleksi masing-masing, sehingga kamu harus lebih aktif dan teliti lagi dalam memahami informasi pendaftaran yang ada.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More