Cerita Magang Rizki Ananda, Mahasiswa UMSU yang Temukan Rumah Kedua di Papua

Jum'at, 01 Desember 2023 - 09:18 WIB
Mahasiswa UMSU Rizki Ananda lolos program MSIB dan magang di Papua untuk membantu program BSPS Kemen PUPR. Foto/Diktiristek.
JAKARTA - Terpilih menjadi peserta Program MSIB tentunya menjadi pengalaman berharga sekaligus kebanggaan tersendiri. Ini yang dirasakan Rizki Ananda, mahasiswa program studi Kesejahteraan Sosial Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) .

Rizki, sapaan akrabnya, berhasil lolos seleksi dan bergabung di Program Magang dan Studi Independen (MSIB) Angkatan 4 untuk magang di Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Setelah lolos seleksi, Rizki ditugaskan untuk magang di Balai Penyediaan Perumahan di wilayah Provinsi Papua.

“Saya memang sengaja memilih untuk ditugaskan di Papua, khususnya di Kota Jayapura. Kecintaan saya terhadap keberagaman budaya dan keindahan alam Papua yang menjadi motivasi untuk kembali ke sana,” cerita Rizki, melalui siaran pers, Jumat (1/12/2023).

Baca juga: Lowongan Magang di Ditjen Dikti Kembali Dibuka, Syarat dan Ketentuan Berlaku



Keberangkatannya ke Papua melalui Program MSIB memang bukan kali pertama baginya menginjakkan kaki di Tanah Cendrawasih. Di tahun 2022, Rizki juga pernah mengikuti program Kampus Merdeka lainnya, yakni Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yang memberikannya kesempatan untuk belajar di Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong selama satu semester.

Rizki menceritakan, perjalanannya selama magang di Balai Penyediaan Perumahan di wilayah Provinsi Papua dimulai dengan persiapan dan pembekalan dengan bimbingan dari seorang mentor. Selanjutnya, Rizki dan teman-temannya mensosialisasikan secara langsung kepada masyarakat penerima bantuan terkait proses dan pentingnya bantuan BSPS.

Bersama timnya, Rizki juga bertugas untuk mengumpulkan semua berkas administrasi yang diperlukan untuk memproses bantuan BSPS dengan cepat dan efisien.

“Setelah berkas administrasi selesai, langkah selanjutnya adalah sosialisasi. saya bekerja keras bersama tim untuk memberitahu masyarakat tentang program BSPS, hak dan kewajiban mereka sebagai penerima bantuan, dan bagaimana mereka dapat berpartisipasi aktif dalam memajukan proyek perumahan ini,” tuturnya.

Baca juga: BRIN Buka Kesempatan Magang untuk Mahasiswa Unpad, Bisa Gabung Proyek Riset
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More