Sri Ratna Laksmiastuti Octavian Luncurkan Buku Penyakit Gingiva pada Anak

Minggu, 03 Desember 2023 - 08:07 WIB
Buku Penyakit Gingiva pada Anak yang ditulis oleh Dr. drg. Sri Ratna Laksmiastuti Octavian. Foto/Istimewa.
JAKARTA - Penyakit jaringan penyangga gigi bersama karies gigi, merupakan penyakit gigi dan mulut yang paling banyak dijumpai di masyarakat, termasuk pada anak.

Gingiva atau gusi merupakan jaringan penyangga gigi yang tampak secara klinis dalam rongga mulut. Prevalensi penyakit periodontal/periodontitis di Indonesia menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 adalah sebesar 74,1%.

Baca juga: Fadli Zon Luncurkan Buku Pesona Wayang Indonesia



Perhatian para dokter gigi dan orang tua umumnya lebih terfokus pada karies gigi atau gigi berlubang. Penyakit periodontal yang gejala awalnya berupa gingivitis atau keradangan pada gingiva bila tidak dirawat dengan baik akan dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah, melibatkan kerusakan jaringan penyangga gigi yang lebih dalam.

Penelitian dan pembahasan tentang tentang penyakit periodontal pada anak tidak sebanyak seperti pembahasan dan penelitian tentang karies.



Dr. drg. Sri Ratna Laksmiastuti Octavian. Foto/Istimewa

Buku “Penyakit Gingiva pada Anak” ditulis dan diterbitkan untuk memperkaya khasanah ilmu pengetahuan kedokteran gigi, khususnya ilmu kedokteran gigi anak.

Baca juga: Buku Kisah Kedekatan Kapolri dengan Masyarakat dan Mahasiswa Resmi Dirilis
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More