9 PTN yang Memiliki Rumah Sakit Pendidikan, Fasilitas Penting untuk Daftar Kedokteran

Selasa, 05 Desember 2023 - 12:18 WIB
Rumah Sakir Pendidikan Universitas Indonesia (UI) menjadi fasilitas penting Fakultas Kedokteran UI yang bisa menjadi informasi penting bagi calon mahasiswa. Foto/Ist
JAKARTA - Ini daftar 9 PTN di Indonesia yang punya RS pendidikan. Beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) ternama selain membuka jurusan Kedokteran juga punya rumah sakit akademik atau rumah sakit pendidikan.



Ada perbedaan rumah sakit (RS) pendidikan dengan rumah sakit biasa. Perbedaan utamanya adalah rumah sakit pendidikan dalam melaksanakan kesehariannya mengintegrasikan layanan kesehatan primer, sekunder, dan tersier.

Selain itu rumah sakit pendidikan juga menjadi ajang pelatihan bagi para calon tenaga kesehatan sebelum benar-benar terjun dalam praktik.Dan perlu dicatat, tidak semua universitas yang membuka jurusan kedokteran memiliki fasilitas RS pendidikan.

Dengan kata lain, fasilitas RS pendidikan sangat penting bagi sebuah universitas yang membuka jurusan kedokteran. Dilansir dari berbagai sumber, artikel kali ini akan memaparkan 9 PTN yang memiliki rumah sakit pendidikan, simak ya!

9 PTN dengan Jurusan Kedokteran yang Memiliki Rumah Sakit Pendidikan



1. Universitas Indonesia (UI)



Siapa yang tak ingin kuliah di Kedokteran UI? Bahkan Rumah Sakit Universitas Indonesia ini merupakan Rumah Sakit Pendidikan Tinggi Negeri (RS PTN) pertama di Indonesia. RS UI punya konsep hijau atau green hospital concept yang ramah lingkungan dan mengutamakan pada keselamatan pasien.

Salah satu unggulan RS UI ini adalah memiliki konsep one stop health service. Rumah sakit ini juga punya fasilitas rawat inap, ruang observasi bagi mahasiswa kedokteran, dan infrastruktur teknologi yang mendukung pembelajaran medis. Hal menarik yang ada di RS UI adalah memiliki bangunan dengan konstruksi anti-gempa dan kompartemen tahan api di setiap lantai.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More