Explanation Text: Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contoh

Selasa, 05 Desember 2023 - 14:57 WIB
Explanation Text atau dalam bahasa Indonesia disebut Teks Eksplanasi merupakan sebuah tulisan bersifat nonfiksi. Foto/Freepik.
JAKARTA - Explanation Text atau dalam bahasa Indonesia disebut Teks Eksplanasi merupakan sebuah tulisan bersifat nonfiksi yang berisi penjelasan bagaimana sesuatu bekerja atau mengapa sesuatu terjadi. Singkatnya, Explanation Text merupakan teks penjelasan kepada pembacanya.

Kita dapat menggunakan berbagai topik dalam Explanation Text, namun biasanya topik yang dibahas adalah mengenai fenomena sosial, alam, atau budaya. Explanation Text biasa ditemukan di buku-buku sains, buku-buku ilmu sosial, artikel, pamflet, dan lain sebagainya.

Tujuan Explanation Text

1. To give information (Memberikan informasi)



Explanation Text dapat memberikan informasi karena memang teks ini berisi penjelasan tentang mengapa sesuatu bisa terjadi. Penjelasan yang terkandung didalamnya dapat memberikan informasi kepada pembaca. Teks ini ada untuk menjawab pertanyaan yang mungkin banyak dipertanyakan masyarakat tentang sebuah hal.

Baca juga: Perbedaan Will dan Would, Cara Pakai, Juga Contohnya

2. To educate (Memberikan edukasi)



Tujuan memberikan edukasi dalam Explanation Text pasti sering kita temukan di dalam buku-buku ilmu pengetahuan seperti yang sudah disebutkan di atas. Contohnya adalah penjelasan bagaimana hujan turun, bagaimana proses fotosintesis bisa terjadi, dan lain sebagainya.

Struktur Explanation Text

1. General statement (Pernyataan umum)



Explanation Text dapat diawali dengan paragraf berisi pengenalan singkat terhadap topik yang akan menjadi pokok pembahasan. Bisa berupa penjelasan seputar informasi umum yang terkait.

2. Explanation (Penjelasan)

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More