Perbedaan College dan University, Faktanya Memiliki Makna yang Berbeda!

Jum'at, 08 Desember 2023 - 07:05 WIB
Apakah perbedaan antara college dan university? Ini adalah pertanyaan yang kerap muncul saat memasuki dunia perguruan tinggi. Foto/Freepik.
JAKARTA - Apakah perbedaan antara college dan university? Ini adalah pertanyaan yang kerap muncul saat memasuki dunia perguruan tinggi .

Meskipun seringkali digunakan secara bergantian, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda hingga dapat memengaruhi pengalaman belajar dan hasil karier seseorang.

Di Indonesia, istilah college biasanya digunakan untuk institut atau Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun di luar negeri, college mengacu pada lembaga pendidikan yang memiliki populasi mahasiswa lebih sedikit, dengan wilayah kampus yang lebih terbatas.

Sedangkan, university lebih fokus dalam melakukan kajian penelitian. Hal tersebut didukung dengan lengkapnya laboratorium serta fasilitas pendukung lainnya untuk melaksanakan proyek penelitian.

Baca juga: Apakah Perbedaan Wish dan Hope? Berikut Tata Penggunaan hingga Contohnya



Lalu, university memiliki bidang studi dan jenjang pendidikan yang lebih bervariasi dibandingkan college. Untuk penelitian lebih lanjut mengenai perbedaan college dan university, yuk simak perbedaannya yang dikutip dari sejumlah sumber.

Perbedaan College dan University

Struktur dan Jenis Gelar



Salah satu perbedaan paling mendasar antara college dan university terletak pada jenis program dan tingkat gelar yang mereka tawarkan. College cenderung menawarkan program gelar pendek, diploma, serta sertifikat dengan durasi lebih singkat, umumnya sekitar dua tahun.

Fokus college adalah pada pemberian keterampilan langsung yang dapat diterapkan di lapangan pekerjaan tertentu. Di sisi lain, university menawarkan jangkauan yang lebih luas, menyediakan gelar sarjana (Bachelor’s), gelar master (Master’s), dan gelar doktor (Ph.D.), memberikan landasan akademis yang kokoh untuk penelitian serta pengembangan ilmu.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More