Apakah Perbedaan Wish dan Hope? Berikut Tata Penggunaan hingga Contohnya

Rabu, 06 Desember 2023 - 15:07 WIB
loading...
Apakah Perbedaan Wish dan Hope? Berikut Tata Penggunaan hingga Contohnya
Wish dan hope, dua kata yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Wish dan hope, dua kata bahasa Inggris yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, mengandung makna yang berbeda hingga memiliki perbedaan dalam arti serta cara penggunaannya. Kedua kata ini merujuk pada keinginan masa depan seseorang.

Akan tetapi, kita menggunakan ‘wish’ untuk menunjukkan apa yang dirindukan seseorang, namun dalam banyak kasus, mereka tidak mungkin mendapatkan apa yang diinginkannya. Hal tersebut hanyalah apa yang mereka pikirkan untuk memiliki.

Sedangkan untuk ‘hope’ mengacu pada bagaimana seseorang menantikan sesuatu terjadi. 'hope' terutama digunakan ketika ada kemungkinan seseorang akan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Berikut inilah perbedaan antara ‘wish’ dan ‘hope’ hingga contohnya.

Pengertian Dasar


Wish

‘Wish’ digunakan untuk menyatakan keinginan atau harapan terhadap sesuatu yang sulit untuk diraih atau bahkan tidak mungkin terjadi. Hal tersebut seringkali terkait dengan situasi atau keadaan yang di luar kendali seseorang. Misalnya, “I wish I could travel back in time and change the past”.

Baca juga: Explanation Text: Pengertian, Tujuan, Struktur, dan Contoh

Hope

‘Hope’, di sisi lain, mencerminkan harapan atau optimisme terhadap sesuatu yang mungkin terjadi atau dicapai di masa depan. Harapan ini seringkali didasarkan pada peluang nyata atau upaya yang mampu dilakukan. Sebagai contoh, “I hope to build a successful career in the coming years.”

Tingkat Realisme


Wish

‘Wish’ cenderung digunakan untuk menyuarakan keinginan yang tidak realistis atau sulit dicapai. Misalnya, “I wish I could fly like a bird”. Dalam hal tersebut, keinginan untuk terbang seperti burung tentunya sangat tidak mungkin bisa terjadi.

Hope

‘Hope’ lebih terkait dengan harapan yang mungkin mampu diwujudkan atau memiliki peluang nyata. Contohnya. “I hope to improve my language skills by practicing every day”. Dalam hal tersebut, harapan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa didasarkan pada tindakan nyata, seperti latihan sehari-hari.

Kaitannya dengan Tindakan


Wish
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2904 seconds (0.1#10.140)