8 Tips dan Trik Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat, Merancang Masa Depan Anda

Rabu, 13 Desember 2023 - 08:51 WIB
Menentukan jurusan kuliah merupakan langkah krusial yang akan mempengaruhi perjalanan akademis serta karier. Foto/UBSI.
JAKARTA - Menentukan jurusan kuliah merupakan langkah krusial yang akan mempengaruhi perjalanan akademis serta karier kalian di masa depan. Terdapat banyak mahasiswa merasa tertekan ketika harus membuat keputusan tersebut, sebab dampaknya begitu besar. Keputusan ini akan membentuk jalan karier kalian hingga memberikan landasan untuk pengembangan pribadi kalian.

Memilih jurusan kuliah memang bisa menjadi keputusan yang kian sulit. Mungkin kalian tertarik pada beberapa bidang berbeda dan tidak mampu menentukan arahnya, atau mungkin kalian berpikir bahwa kalian tidak memiliki apa yang diperlukan untuk berhasil dalam bidang tertentu (meskipun mungkin kalian memilikinya).

Baca juga: Ingin Mudah Diterima di Universitas Airlangga? Pilih 10 Jurusan Kuliah Sepi Peminat Ini



Mungkin kalian tidak tahu jurusan mana yang harus kalian pilih ketika memasuki perguruan tinggi serta menemukan ratusan pilihan gelar yang tersedia untuk dipelajari.

Jangan takut dahulu, sebab banyak mahasiswa tahun pertama tidak tahu apa yang ingin mereka lakukan dalam hidup mereka, apalagi jurusan apa yang ingin mereka ambil. Faktanya, 20 hingga 50 persen mahasiswa baru masih ragu-ragu, serta sekitar 75 persen dari kalian akan mengubah pilihannya, maka itu sangat wajar jika kita ragu-ragu.

Baca juga: Daya Tampung 83 Jurusan Jalur Mandiri Universitas Brawijaya 2023, Acuan Daftar 2024



Namun jangan khawatir, sebab terdapat sejumlah tips dan trik yang dapat membantu kalian untuk memilih jurusan yang tepat hingga sesuai dengan passion kalian.

Berikut 8 tips dan trik memilih jurusan kuliah yang tepat.

1. Pahami Minat dan Passion



Langkah pertama dalam memilih jurusan kuliah yang tepat adalah memahami minat serta passion kalian. Identifikasi bidang-bidang yang membuat kalian antusias hingga merasa terpanggil.

Baca juga: Jurusan Teknik Industri, Prospek Kerja dan Mata Kuliahnya, Calon Mahasiswa Wajib Tahu



Pertimbangkan aktivitas atau topik yang selalu membuat kalian ingin belajar lebih banyak. Pemahaman ini menjadi dasar yang kuat untuk menentukan jurusan yang sesuai.

2. Eksplorasi Pilihan Karier



Tahap selanjutnya, lakukan eksplorasi mendalam terhadap pilihan karier yang relevan dengan jurusan yang kalian pertimbangkan.

Baca juga: Mau Daftar UTBK SNBT di UPN Jatim? Ini 13 Jurusan dengan Kuota Besar di 2023



Bicaralah dengan profesional pada bidang tersebut, ikuti seminar, serta baca literatur terkait. Memahami kebutuhan industri dan prospek karier hingga membantu kalian untuk memutuskan jurusan yang mampu membuka pintu kesempatan di masa depan.

3. Analisis Keahlian dan Bakat

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More