Biar Tak Bingung Sebelum Daftar, Ini 9 Perbedaan SNBP dan SNBT yang Perlu Diketahui

Selasa, 19 Desember 2023 - 11:36 WIB
Salah satu perbedaan utama SNBP dan SNBT adalah sistem seleksi. Jika SNBP sistem seleksinya menggunakan rata-rata nilai rapor, SNBT menggunakan hasil tes UTBK. Foto ilustrasi/Ist
JAKARTA - Ini 9 perbedaan antara SNBP dan SNBT yang perlu diketahui. Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kini lebih dikenal sebagai Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNMPB). Ada dua jalur SNMPB, yaitu Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

SNBP dulu dikenal sebagai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan SNBT dikenal sebagai Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Keduanya memiliki perbedaan tersendiri.

Biar tidak bingung sebelum nantinya kamu mendaftar ke PTN, artikel kali ini akan membahas setidaknya ada 9 perbedaan antara SNBP dan SNBT yang wajib diketahui, simak ya!. 9 perbedaan antara SNBP dan SNBT ini merujuk pada pelaksanaan tahun 2023



9 Perbedaan Antara SNBP dan SNBT



1. Sistem Seleksi

Perbedaan SNBT dan SNBP ada pada sistem seleksi yang berbeda. Dilansir dari laman SNPMB BPPP, seleksi SNBP menggunakan nilai rerata rapor seluruh mata pelajaran, nilai rapor dan nilai mata pelajaran pendukung, dan prestasi lain yang ditetapkan PTN.

Sementara seleksi SNBT menggunakal hasil tes UTBK saja atau dengan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN. Hasil UTBK bisa digunakan untuk mendaftar jalur mandiri, sekolah kedinasan, dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Persamaannya, kedua sistem seleksi ini meminta portofolio bagi siswa yang memilih jurusan seni dan olahraga.

2. Waktu seleksi



SNBP memiliki jadwal seleksi yang dilakukan lebih dahulu daripada SNBT. Rangkaian SNBP 2024 misalnya diprediksi akan dibuka pada Januari untuk registrasi akun SNPMB. Lalu berakhir pada 28 Maret 2024, yakni pengumuman hasil SNBP.

Sementara untuk UTBK SNBT 2024, dibuka setelah SNBP rampung. Siswa yang tidak lolos SNBP bisa mendaftar UTBK SNBT 2024.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More