Mau Daftar Kedokteran di SNBP 2024? Catat! Nilai 3 Mata Pelajaran Ini Harus Bagus

Selasa, 26 Desember 2023 - 11:56 WIB
Siswa SMA atau SMK yang ingin memilih jurusan Kedokteran di SNBP 2024, harus memiliki nilai yang baik pada 3 mata pelajaran atau mapel pendukung.yakni kimia, biologi dan matematika. Foto/Ist
JAKARTA - Ini 3 mata pelajaran yang nilainya harus bagus untuk mendaftar jurusan kedokteran di SNBP 2024. Siswa SMA atau SMK yang ingin memilih jurusan Kedokteran di Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024, harus memiliki nilai yang baik pada 3 (tiga) mata pelajaran atau mapel pendukung.

Seperti diketahui, mapel pendukung SNBP adalah mata pelajaran yang berhubungan atau linier dengan program studi atau jurusan kedokteran di perguruan tinggi.Untuk lebih jelasnya, artikel kali ini akan mengulas tiga Mapel pendukung yang nilainnya harus bagus untuk mendaftar kedokteran di SNBP 2024, simak ya!

3 Mapel yang Nilainya Harus Bagus untuk Mendaftar Kedokteran di SNBP 2024



Ketika mendaftar kedokteran di SNBP, maka mata pelajaran yang berhubungan dengan materi kuliah jurusan ini yang harus memiliki nilai bagus atau unggul.

Mapel pendukung ini disesuaikan dengan kurikulum yang digunakan oleh sekolah. Saat ini, ada Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 yang digunakan siswa SMA/MA sesuai dalam Keputusan Mendikbud Ristek RI Nomor 345/M/2022.

Sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013 masih mengelompokkan siswa berdasarkan kelompok siswa jurusan IPA, IPS atau bahasa. Sedangkan sekolah yang menggunakan Kurikulum Merdeka tidak lagi mengelompokkan siswa kedalam jurusan tertentu.

Karena itu, mapel pendukung buat memilih jurusan kedokteran di antara kedua kurikulum tersebut akan berbeda. Jadi, nilai mapel apa saja yang harus bagus buat Jurusan Kedokteran di SNBP 2023?



Pada aturan yang sudah disebutkan di atas, untuk bisa diterima di Jurusan Kedokteran, siswa SMA harus punya nilai unggul di mapel Biologi, Kimia atau Matematika.

Meski demikian siswa tidak harus unggul pada tiga mapel tersebut. Sebab siswa bisa menyertakan 2 nilai dari 3 mapel tersebut yang sesuai Kurikulum sekolahmu.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More