Mengenai Tes Akademik GRE yang Sering Menjadi Syarat Kuliah S2 dan S3 di Luar Negeri

Kamis, 28 Desember 2023 - 11:49 WIB
GRE atau Graduate Record Examination adalah sebuah tes akademik yang biasa digunakan sebagai salah satu syarat pendaftaran kuliah S2 dan S3 di kampus luar negeri.Foto/Ist
JAKARTA - Tes akademik GRE mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Padahal, istilah tersebut cukup penting untuk diketahui, khususnya bagi orang-orang yang ingin melanjutkan studi di luar negeri.

Kuliah di kampus luar negeri menjadi impian banyak orang. Pada berbagai persiapannya, kamu wajib mengetahui terlebih dahulu beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Melihat sekian banyak syaratnya, salah satu yang cukup umum adalah nilai tes akademik. Nah, tes tersebut biasanya juga terdiri dari beberapa jenis yang berbeda, termasuk di antaranya adalah Graduate Record Examination (GRE). Lebih jauh, apa itu tes akademik GRE? Berikut penjelasannya sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber.

Apa itu Tes Akademik GRE?



GRE merupakan singkatan dari Graduate Record Examination. Singkatnya, istilah tersebut merujuk pada sebuah tes akademik yang biasa digunakan sebagai salah satu syarat pendaftaran kuliah S2 dan S3 di kampus luar negeri.

Pada salah satu tujuannya, tes akademik GRE akan dijadikan tolak ukur untuk memperlihatkan kemampuan calon mahasiswa dalam beradaptasi dengan sistem pendidikan yang nantinya bakal dipakai. Selain itu, ujian juga juga dirancang guna mengukur kemampuan dalam menganalisis informasi kuantitatif hingga memahami bacaan rumit.



Umumnya, tes GRE dijadikan syarat oleh sejumlah kampus di Amerika Serikat atau negara-negara lain yang biasa menggunakan bahasa Inggris lainnya. Saat ini, sudah sangat banyak kampus-kampus luar negeri yang menjadi GRE ini sebagai salah satu syarat masuknya.

Ketentuan Tes Akademik GRE



Pada pelaksanaannya, tes GRE memiliki beberapa komponen utama. Mengutip Times Higher Education, masing-masing adalah penalaran kuantitatif, penalaran verbal, dan penulisan analitis.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More