4 Tahapan Seleksi Beasiswa Luar Negeri yang Jamak Dilakukan, Perhatikan Jika Ingin Lolos

Selasa, 02 Januari 2024 - 14:37 WIB
Sebelum mendaftar beasiswa luar negeri ada satu hal penting yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa yaitu mengetahui apa saja tahapan seleksinya. Foto/Ist
JAKARTA - Ini 4 tahapan seleksi beasiswa luar negeri yang jamak harus dijalani. Kamu berminat melanjutkan studi ke luar negeri tetapi terkendala biaya? Mendaftar beasiswa menjadi solusi.

Dengan menggunakan beasiswa, pelajar dapat menempuh pendidikan dan mendapatkan ilmu secara gratis serta tidak perlu khawatir memikirkan biaya kuliah.

Tapi, sebelum mendaftar beasiswa luar negeri ada satu hal penting yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa yaitu mengetahui apa saja tahapan seleksinya. Dengan mengetahui tahap seleksi sekaligus kamu bisa mengetahui apa saja persyaratan yang dibutuhkan.

Agar lebih jelas, mengutip lembaga persiapan beasiswa luar negeri Kobi Education, artikel kali ini akan membahas 4 tahapan seleksi beasiswa luar negeri yang jamak dilakukan, apa saja? Simak penjelasan di bawah ini ya!

4 Tahapan Seleksi Beasiswa Luar Negeri



1. Seleksi administrasi atau berkas



Setelah mendaftar pada beasiswa yang dituju, seleksi awal atau seleksi pertama yang dilakukan oleh pihak beasiswa adalah seleksi berkas. Seleksi ini menjadi pintu utama dan menjadi penentu apakah kandidat bisa lolos dan mengikuti tahapan selanjutnya atau tidak.

Berkas-berkas yang diperiksa adalah berkas yang menjadi persyaratan saat pendaftaran. Berkasnya meliputi sertifikat IELTS, CV, surat rekomendasi, transkrip nilai, ijazah, esai, surat motivasi, dan lainnya.

Setiap beasiswa memiliki persyaratan berkas yang berbeda-beda dan pelamar harus benar-benar memperhatikan hal tersebut. Ketika memasukkan berkas pada laman pendaftaran, pelamar juga harus memperhatikan apakah file yang diunggah sudah sesuai atau belum, kesesuaian format yang diminta (misalnya JPG, PDF), dan ukuran file yang diminta.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More