3 Tips Hadapi Tes Bakat Skolastik Beasiswa LPDP, Ini Kesalahan yang Perlu Dihindari

Senin, 15 Januari 2024 - 11:59 WIB
Salah satu tips sukses megikuti Tes Bakat Skolastik beasiswa LPDP adalah dengan memperbanyak latihan menyelesaikan berbagai jenis soal yang relevan dengan materi ujian. Foto/Ist
JAKARTA - Ini tips menghadapi Tes Bakat Skolastik (TBS) beasiswa LPDP yang bisa dipraktikkan. Kamu yang akan mendaftar beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) harus banyak belajar karena akan menghadapi serangkaian tes masuk. Salah satunya adalah Tes Bakat Skolastik (TBS).

Tes bakat skolastik adalah salah satu tahap seleksi yang harus dihadapi oleh para pendaftar beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Tes ini bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif dan intelegensi peserta ujian secara umum, yang bukan merupakan hasil kegiatan pembelajaran akademik.

TBS terbagi menjadi 3 bagian, yaitu penalaran verbal yang berjumlah 23 soal dengan waktu pengerjaan 30 menit, penalaran kuantitatif berjumlah 25 soal dengan waktu 40 menit, dan pemecahan masalah berjumlah 12 soal dengan waktu 20 menit. Artikel kali ini akan membahas tips mengikuti tes bakat skolastik yang bisa dicoba, simak ya!

3 Tips Menghadapi Tes Bakat Skolastik LPDP



1. Perbanyak Latihan



Perbanyak latihan merupakan langkah pertama untuk meningkatkan persiapan menghadapi Tes Bakat Skolastik. Peserta dapat mencari dan menyelesaikan berbagai jenis soal yang relevan dengan materi ujian.

Latihan ini membantu peserta untuk lebih memahami pola-pola soal, meningkatkan kecepatan dalam menyelesaikan setiap pertanyaan, serta memperkuat kemampuan analisis dan pemecahan masalah.

2. Konsisten untuk Latihan



Kunci kesuksesan dalam menghadapi Tes Bakat Skolastik adalah konsistensi dalam latihan. Peserta perlu membuat jadwal latihan yang teratur dan konsisten, sehingga mereka dapat mengalokasikan waktu dengan baik untuk memperdalam pemahaman materi, mengasah keterampilan, dan meningkatkan performa secara keseluruhan.

Konsistensi membantu peserta membangun ketangguhan mental dan fisik, serta menyesuaikan diri dengan tekanan yang mungkin dihadapi selama ujian.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More