10 Universitas Tertua di Indonesia, Kampus Ini Sudah Ada Sebelum Indonesia Merdeka

Rabu, 06 Maret 2024 - 14:07 WIB

10. Institut Pertanian Bogor (IPB University)



Tanggal berdiri: 1 September 1963

Sejarah Berdirinya UII



Dilansir dari berbagai sumber, cikal bakal berdiri UII dimulai pada tahun 1945, di mana saat sidang umum Masjoemi (Majelis Sjoero Moeslimin Indonesia) dilaksanakan.

Pertemuan itu dihadiri oleh beberapa tokoh politik terkemuka masa itu termasuk diantaranya Dr. Mohammad Hatta (Wakil Presiden Pertama Indonesia), Mohammad Natsir, Mohammad Roem, dan K.H. A. Wachid Hasyim.

Salah satu keputusan dari pertemuan ini adalah pembentukan Sekolah Tinggi Islam (STI) oleh tokoh-tokoh terkemuka tersebut. STI kemudian didirikan pada tanggal 8 Juli 1945 bertepatan dengan 27 Rajab 1364 H dan berkembang menjadi sebuah universitas yang disebut Universitas Islam Indonesia (UII) sejak tanggal 3 November 1947

Universitas Islam Indonesia (UII) adalah salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Indonesia. Terinspirasi oleh semangat nasionalisme dan berpedoman pada nilai-nilai Islam, UII didirikan satu bulan sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945.

Saat ini, UII telah tumbuh berkembang menjadi tempat pembelajaran yang terpilih. Berlokasi di utara Yogyakarta, jantung kebudayaan Jawa, kampus utama UII tepat menghadap ke keindahan Gunung Merapi yang menakjubkan, yang menjadikan UII sebagai tempat yang tepat untuk belajar.

Dengan 3 program Doktor, 9 program Magister, 4 program Profesi, 25 program studi Sarjana, dan 4 program Diploma yang mencakup spektrum ilmu pengetahuan yang luas, UII memungkinkan mahasiswanya untuk menemukan harta karunnya sendiri dan meraih masa depan yang cemerlang.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(wyn)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More