Manfaatkan Limbah Duri Bandeng, 2 Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Gresik Bisa Lulus Tanpa Skripsi

Rabu, 13 Maret 2024 - 10:40 WIB
2 mahasiswi Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) berhasil lulus tanpa skripsi. Foto/UMG.
JAKARTA - 2 mahasiswi Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) berhasil lulus tanpa skripsi dengan mengubah limbah duri bandeng untuk kaldu bubuk. Keduanya merupakan mahasiswi jurusan S1 Kebidanan.

Limbah duri bandeng yang mereka olah menjadi kaldu bubuk dan aman dikonsumsi untuk balita itu pun dikompetisikan melalui jalur Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Penerapan Iptek yang diselenggarakan oleh Ditjen Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kemendikbudristek.

Limbah Duri Bandeng Pengganti Skripsi



Dua mahasiswi angkatan 2020, Finna dan Linda ikut PKM bermitra dengan UD Azza Jaya. UD Azza Jaya merupakan pemasok bandeng tanpa duri dari Mengare kabupaten Gresik, ke rumah makan di beberapa daerah sekitar bahkan seluruh Indonesia.

Baca juga: 3 Mahasiswa Unsoed Purwokerto Lulus Kuliah Tanpa Skripsi, Ini Karya Ketiganya

Namun di balik itu mitra mengalami kesulitan untuk mengelola limbah duri yang ada. Bersama dosen pembimbing Endah Mulyani, Fina dan tim membagikan metode mengubah duri ikan menjadi kaldu bubuk yang aman untuk balita.

Kaldu yang dihasilkan pun memiliki kandungan gizi yang tinggi karena dari duri ikan bandeng sendiri mengandung kadar kalsium sebesar 39,24%.

“Konversi skripsi program PKM tidaklah mudah. Tugas akhir tanpa skripsi membuat kami mendapatkan bimbingan intensif yang berbeda dan juga harus melaporkan secara berkala pelaksanaan program,” tuturnya, dikutip dari laman UMG, Rabu (13/3/2024).

Meski sempat menemui kendala namun Linda dan Fina merasa sangat bersyukur. Sebab selain dibebaskan dari tugas akhir skripsi yang selama ini menjadi momok tersendri bagi mahasiswa juga mendapatkan pengalaman akademik yang tak terlupakan.

Konversi Skripsi dari Kompetisi

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More