Aturan Terbaru! Tes Potensi Akademik Dihapus di UTBK SNBT 2024 Diganti Tes Skolastik

Sabtu, 16 Maret 2024 - 11:22 WIB
b. Pertanyaan dengan informasi pilihan (1), (2), (3), dan (4)

c. Pertanyaan dengan dua informasi, dimana kita harus menganalisis informasi (analisis kecukupan data) yang dibutuhkan untuk menjawab pertanyaan

d. Analisis perbandingan dua nilai, berupasuatu informasi dengan dua variabel dimana kita harus menentukan hubungan antara kedua variabel tersebut (kita harus mencari nilai salah satu variabel berdasarkan variabel yang lainnya dan informasi yang diberikan).

3. Pengetahuan dan pemahaman umum



Ada empat jenis soal TPS UTBK pada bagian ini, dengan dua jenis soal dalam Bahasa Inggris dan dua jenis soal yang lain dalam Bahasa Indonesia.

a. Pada soal Bahasa Inggris, kita diharuskan untuk memahami inti bacaan dan kemudian membuat kesimpulan berdasar pada informasi di teks.

b. Pada soal Bahasa Indonesia, kita menghadapi soal-soal tentang ide pokok, kelebihan dan kelemahan paragraf, simpulan, penulisan kata, hubungan antarparagraf, makna kata, tanda baca, kata ganti, konjungsi, dan kalimat efektif.

4. Kemampuan memahami bacaan dan menulis



Jenis soal TPS UTBK pada bagian ini terdiri dari dua topik, yaitu:

a. Pemahaman isi bacaan, dimana kemampuan kita untuk membaca dan memahami teks secara utuh diuji

b. Penalaran kebahasaan yang menguji pemahaman kita akan kaidah penulisan dalam Bahasa Indonesia secara benar dan baik.

Persiapan SNBT-UTBK 2024



Calon mahasiswa yang ingin ikut SNBT-UTBK bisa terlebih dahulu melakukan latihan yang disediakan oleh Kemendikbud Ristek dan bisa diakses secara gratis.

Jika ingin melakukan simulasi tes dan latihan soal bisa langsung https://simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id/ Soal latihan yang ada nantinya berjumlah 71 contoh soal. Sementara saat UTBK nanti, ada 145 soal yang dikerjakan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More