Apakah Lulusan SMK Bisa Mendaftar Akpol 2024? Simak Penjelasannya

Jum'at, 29 Maret 2024 - 17:46 WIB
Lulusan SMK belum bisa mendaftar menjadi taruna Akpol 2024 karena SMK merupakan salah satu sekolah yang memiliki pendidikan kejuruan sehingga lulusan SMK biasanya terfokus pada satu keahlian saja. Foto/Ist
JAKARTA - Apakah lulusan SMK bisa mendaftar Akpol 2024? Pertanyaan ini bisa saja dilontarkan lulusan SMK yang diyakini sebagian orang tidak bisa mendaftar Akademi Kepolisian (Akpol). Benarkah?

Pendaftaran taruna Akpol 2024 sudah resmi dibuka pada Selasa, 26 Maret 2024. Dilansir dari laman resmi penerimaan.polri.go.id, jadwal penerimaan Akpol 2024 dibuka mulai 26 Maret hingga 21 April 2024. Lalu apakah bisa lulusan SMK bisa mendaftar Akpol 2024? Artikel kali ini akan membahasnya, simak ya!

Apakah Lulusan SMK Bisa Daftar Akpol 2024?



Lulusan SMK ternyata belum bisa mendaftar menjadi taruna Akpol 2024. Karena SMK merupakan salah satu sekolah yang memiliki pendidikan kejuruan sehingga lulusan SMK biasanya terfokus pada satu keahlian saja.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa pertanyaan apakah lulusan SMK bisa ikut pendaftaran Akpol 2024, jawabannya adalah belum bisa. Sebagai informasi, Akpol adalah sekolah lanjutan bagi lulusan sekolah menengah untuk mencetak perwira Polri.

Siswa yang masuk Akpol, akan lulus menjadi Perwira Pertama Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Akpol bertujuan menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi dan lama pendidikan adalah 4 tahun (8 Semester).

Akpol adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Lemdiklat Polri (Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri). Setelah lulus dari Akpol, akan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Kepolisian (S.IP).



Lulusan SMA/MA yang berencana ikut pendaftaran taruna Akpol 2024, berikut persyaratan yang harus kamu penuhi.



1. Pria/wanita, bukan anggota/mantan anggota Polri/TNI dan PNS, dan belum pernah mengikuti pendidikan Polri/TNI;
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More