Begini 9 Tips Cara Menulis Artikel Ilmiah di Jurnal Terindeks Scopus

Selasa, 23 April 2024 - 10:00 WIB
Publikasi dalam jurnal yang terdaftar di Scopus dianggap berkualitas tinggi dan dapat meningkatkan reputasi serta karier seorang peneliti. Foto ilustrasi/Ist
JAKARTA - Begini 9 tips menulis artikel ilmiah di jurnal terindeks Scopus. Kamu seorang mahasiswa yang memiliki tugas membuat karya ilmiah yang wajib diterbitkan di jurnal terindeks Scopus?

Scopus adalah salah satu database yang paling terkenal dalam dunia penelitian akademis. Indeks ini sering digunakan sebagai penanda dampak karya seorang peneliti.

Publikasi dalam jurnal yang terdaftar di Scopus dianggap berkualitas tinggi dan dapat meningkatkan reputasi serta karier seorang peneliti. Artikel kali ini akan membahas tips menulis artikel ilmiah di jurnal terindeks Scopus, simak ya!

9 Cara Menulis Artikel Ilmiah di Jurnal Terindeks Scopus



1. Pahami persyaratan Jurnal yang terindeks Scopus



Sebelum menulis artikel ilmiah Anda, penting untuk memahami kriteria yang digunakan suatu Jurnal yang terindeks Scopus. Scopus memiliki kontrol kualitas yang ketat, termasuk relevansi, keandalan ilmiah, dan kualitas editorial. Kenali kriteria indeksasi Scopus, serta persyaratan khusus jurnal target Anda, untuk memastikan jurnal ilmiah Anda memenuhi standar yang diperlukan.

Pilih jurnal yang diindeks di Scopus yang sejalan dengan topik penelitian dan patuhi standar editorial yang berkualitas tinggi. Sebelum mengirimkan artikel ilmiah, kenali pedoman pengiriman jurnal, persyaratan format, dan proses tinjauannya.

2. Pilih topik yang relevan dan berdampak



Kunci untuk menulis artikel ilmiah yang layak diindeks di Scopus adalah memilih topik yang relevan dengan bidang kamu dan memiliki potensi dampak yang signifikan. Lakukan literature review atau tinjauan literatur yang mendalam untuk mengidentifikasi kesenjangan pengetahuan dan menilai kondisi penelitian saat ini. Hal ini akan membantu Anda merumuskan pertanyaan penelitian yang baru, menarik, dan berkontribusi pada bidang kamu.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More