6 Jurusan Kuliah Favorit Gen Z Indonesia, dari Teknik Industri hingga Kedokteran

Rabu, 05 Juni 2024 - 14:31 WIB
Jurusan kuliah yang disukai Gen Z pada umumnya adalah yang mampu memberikan prospek masa depan yang cerah. Foto/Untar.
JAKARTA - Jurusan kuliah yang disukai oleh Gen Z pada umumnya adalah yang mampu memberikan prospek masa depan yang cerah di era semakin berkembang pesatnya teknologi. Karena itulah tak heran jika generasi ini banyak memilih jurusan yang berkaitan dengan teknologi.

Gen Z adalah generasi yang lahir di antara tahun 1997 hingga 2012. Pada tahun tersebut, masa remaja dan dewasa mereka sudah dipastikan akan menghadapi era industri 4.0 yang dikenal dengan cyber physical system, serta menuju era society 5.0 yang diperkirakan sebentar lagi akan datang.

Baca juga: Matematika Jurusan yang Bikin Pusing? Ini 7 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusannya



Pada era-era modern saat ini mulai banyak perusahaan yang membutuhkan ahli dalam bidang teknologi. Meski begitu, pilihan favorit gen z tetap terpetakan menjadi beberapa bagian dan tidak hanya di bidang teknologi saja.

6 Jurusan Kuliah Favorit Gen Z Indonesia

1. Teknik Industri



Jurusan kuliah favorit gen z yang pertama ini adalah bidang ilmu yang menjadi jembatan penghubung antara kebutuhan manusia dan perkembangan industri. Teknik Industri mempelajari cara mengevaluasi, mendesain, memodifikasi, mengontrol, menguji, serta meningkatkan kinerja suatu sistem produksi.

Baca juga: Lulusan Teknik Mesin Bisa Kerja Apa? Segini Gajinya yang Menjanjikan hingga Dua Digit



Saat ini telah banyak universitas yang menyediakan jurusan Teknik Industri, diantaranya Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh NOvember (ITS), Universitas Indonesia (UI), hingga Universitas Brawijaya (UB).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More