Matematika Jurusan yang Bikin Pusing? Ini 7 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusannya

Rabu, 05 Juni 2024 - 10:17 WIB
loading...
Matematika Jurusan yang Bikin Pusing? Ini 7 Prospek Kerja Menjanjikan Lulusannya
Salah satu propesi menjanjikan lulusan jurusan matematika adalah aktuaris, ahli yang bekerja di bidang pengukuran dan manajemen risiko serta ketidakpastian dalam usaha. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 7 prospek kerja menjanjikan lulusan jurusan matematika yang perlu diketahui. Matematika adalah jurusan yang sulit. Kesan umum itu yang selama ini kita dengar tentang ilmu matematika maupun jurusan kuliah matematika.

Tahukah kamu bahwa matematika bukan hanya tentang angka dan perhitungan. Matematika juga menjadi dasar dari berbagai ilmu pengetahuan terapan lainnya dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk memprediksi peristiwa alam, mengembangkan teknologi dan banyak lagi. Prospek kerja jurusan inipun disebut sangat prospektif. Artikel kali ini akan membahas 7 prospek kerja lulusan jurusan matematika, simak ya!

7 Prospek Kerja Lulusan Jurusan Matematika


1. Tenaga Pengajar Matematika


Jika kamu memilih Jurusan Matematika, kamu bisa menjadi seorang tenaga pengajar, baik guru maupun dosen matematika. Tentu saja, syarat utamanya adalah memenuhi standar kompetensi guru matematika.

2. Aktuaris


Aktuaris adalah ahli yang bekerja di bidang pengukuran dan manajemen risiko serta ketidakpastian dalam usaha. Mereka menggunakan statistik untuk mengetahui kemungkinan terjadinya peristiwa tertentu dan berusaha meminimalkan risiko yang terkait.
Aktuaris biasanya bekerja di industri asuransi untuk membantu merancang kebijakan dan menetapkan premi yang harus dibayar. Pendidikan matematika sangat cocok untuk profesi ini.

3. Ahli Statistika


Statistika adalah ilmu yang diperlukan dalam berbagai jenis perusahaan, baik swasta maupun pemerintah. Dengan ilmu statistika, perusahaan dapat memahami minat masyarakat dan memfokuskan sumber daya mereka untuk meningkatkan performa.Ahli statistika sangat dibutuhkan untuk analisis data dan pengambilan keputusan bisnis.


4. Peneliti


Bagi yang mencintai ilmu matematika, karier sebagai peneliti bisa menjadi pilihan. Menjadi peneliti memberi kesempatan untuk menemukan teori baru yang dapat memajukan ilmu pengetahuan.

5. Analis Riset Pasar

Analis riset pasar membantu perusahaan memutuskan produk apa yang akan dibeli konsumen dan bagaimana cara promosi.
Mereka menggunakan data lapangan dan metode statistik untuk menganalisis tren pasar dan mempersiapkan laporan serta gambaran grafis hasil survei untuk disampaikan kepada pemimpin perusahaan.

6. Ekonom


Lulusan matematika juga dapat menjadi seorang ekonom, yang bertugas melakukan penelitian, menyusun laporan, dan membuat perencanaan terkait masalah ekonomi. Ekonom biasanya bekerja di perusahaan, terutama di divisi produksi dan distribusi barang.

7. Analis Keuangan


Analis keuangan membutuhkan pengetahuan dalam bidang finansial dan matematika. Matematika memainkan peran penting dalam pekerjaan seorang analis keuangan, yang menggunakan teori dan rumus matematika untuk melakukan analisis keuangan.

Lulusan matematika bisa mengambil kelas singkat untuk mendapatkan sertifikasi di bidang keuangan. Itulah beberapa pilihan karier untuk sarjana matematika.
(wyn)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8120 seconds (0.1#10.140)
pixels